Indonesia jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023 Tapi Tak Main, Begini Alasannya

CIREBON, BERITARADARPiala Dunia Basket 2023 akan segera dimulai pada Jumat 25 Agustus 2023 mendatang.

Indonesia akan menjadi tuan rumah dari ajang kompetisi paling bergengsi di dunia Basket tersebut. Namun sayangnya, Timnas Basket Indonesia telah memastikan diri bahwa mereka tidak akan ikut serta pada ajang kompetisi tersebut.

Indonesia sendiri tuan rumah bagi Grup G dan H dalam ajang kompetisi paling bergengsi tersebut. Lalu apa alasan Timnas Indonesia tidak ikut serta dalam ajang kompetisi paling bergengsi tersebut? simak artikel berikut.

Piala Dunia Basket 2023 akan digelar di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, mulai dari Jumat (25/8) mendatang.

Rencananya, ajang kompetisi paling bergengsi ini akan memiliki tiga negara tuan rumah, yaitu Filipina, Jepang, dan Indonesia. Filipina akan menjadi tuan rumah untuk penyisihan Grup A, B, C, dan D.

Jepang akan bertindak sebagai tuan rumah untuk penyisihan Grup E dan F. Sementara itu, Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk penyisihan Grup G dan H dalam Piala Dunia Basket 2023.

Namun, berbeda dengan Filipina dan Jepang yang mendapatkan tiket otomatis ke putaran final Piala Dunia Basket 2023 karena mereka adalah tuan rumah, FIBA (Fédération Internationale de Basket-ball) tidak memberikan izin kepada Timnas Basket Indonesia untuk langsung melaju ke babak utama meskipun Indonesia menjadi tuan rumah.

Alasan Timnas Indonesia Tidak Ikut dalam Piala Dunia Basket 2023

Komite Eksekutif FIBA memandang bahwa Timnas Basket Indonesia masih belum memiliki tim yang cukup kompetitif untuk bersaing di Piala Dunia Basket, sehingga perlu mengikuti babak kualifikasi.

Situasi ini sangat berbeda dengan Filipina dan Jepang yang telah memiliki pengalaman berkompetisi di Piala Dunia Basket. Filipina telah berpartisipasi enam kali di Piala Dunia Basket sejak tahun 1954 hingga penampilan terakhirnya pada tahun 2019.

Di sisi lain, Jepang juga telah mengikuti Piala Dunia Basket sebanyak lima kali sejak tahun 1963 hingga penampilan terakhirnya pada tahun 2019.

Indonesia pun harus mengikuti kualifikasi FIBA Asia Cup 2022 Sub Zona ASEAN yang sudah mulai sejak tahun 2018. Melalui perjuangan ini, Indonesia berhasil melaju hingga putaran final FIBA Asia Cup 2022.

Namun, sayangnya, Indonesia tidak berhasil mencapai babak delapan besar FIBA Asia Cup 2022 yang merupakan syarat untuk berpartisipasi dalam Piala Dunia Basket 2023.

Perjalanan Indonesia terhenti di babak play-off FIBA Asia Cup 2022 setelah mengalami kekalahan dari China dengan skor 58-108 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, pada tanggal 18 Juli 2022.

Sebagai hasilnya, meskipun menjadi tuan rumah untuk ajang kompetisi paling bergengsi tersebut, Timnas Basket Indonesia tidak akan turut serta dalam turnamen dunia ini.

Namun demikian, penggemar bola basket di Indonesia dan Timnas Basket Indonesia mengharapkan pelaksanaan ajang kompetisi tersebut dapat menjadi hiburan dan juga menjadi kesempatan pembelajaran bagi mereka.