4 Tempat Kuliner Doclang Khas Bogor yang Wajib di Cicipi

BOGOR, BERITARADAR.COM – Pernahkah Anda mendengar tentang “doclang”? Jika Anda adalah penduduk Bogor, maka Anda pasti sudah akrab dengan hidangan ini. Doclang adalah salah satu kuliner khas Bogor yang telah ada sejak era 1960-an.

Dahulu kala, kuliner khas Bogor ini disajikan sebagai sarapan pagi. Ketika Anda melihat penampilannya, doclang akan mengingatkan Anda pada kupat tahu.

Namun, meskipun penampilannya mirip, terdapat perbedaan antara doclang dan kupat tahu. Berbeda dari kupat tahu biasa, kuliner khas Bogor doclang terdiri dari tahu goreng, kentang rebus, telur rebus, dan lontong nasi yang dibungkus dalam daun pisang yang disebut “pesor.” Kemudian, semua bahan ini disiram dengan saus kacang.

Berikut Rekomendasi Tempat Makan Doclang Kuliner Khas Bogor

1. Doclang 45

Doclang 405 adalah salah satu penjual doclang yang telah mencapai tingkat ketenaran di Bogor. Lokasinya terletak di Jl. Raya Gunung Batu, Gunungbatu, Kecamatan Bogor Baru, Kota Bogor. Toko ini buka 24 jam, sehingga Anda bisa menikmati hidangan mereka kapan saja.

Harga hidangan di Doclang 405 cukup terjangkau, berkisar antara Rp 10.000 – Rp 12.000, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk mencicipi doclang khas Bogor.

Doclang 405 memiliki sejarah yang panjang. Awalnya, toko ini didirikan oleh Haji Aos dan saat ini dikelola oleh Pak Rahmat, yang juga merupakan adik dari pemilik awalnya. Salah satu keunikan doclang mereka terletak pada lontongnya yang dibungkus dengan daun patat. Daun patat ini memberikan aroma harum yang khas pada hidangan ini.

Nama “Doclang 405” sebenarnya berasal dari nama pendiri awalnya, yaitu Pak Hai Aos. Nama ini mewakili huruf dari namanya, dengan angka 4 mewakili huruf A, angka 0 mewakili huruf O, dan angka 5 mewakili huruf S. Jadi, angka 405 pada nama tersebut mengartikan “AOS.” Pak Haji Aos telah lama menjalankan usaha doclang ini dan menjadikannya sebagai bagian penting dari warisan kuliner Bogor.

2. Doclang Pak Odik

Berlokasi di Jl. Pasir Kuda No. 23, RT.01/RW.03, Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Baru, Kota Bogor, Doclang Pak Odik adalah salah satu tempat makan doclang yang tak kalah enak dan populer dibandingkan dengan Doclang 405.

Warung ini beroperasi dari pukul 07.00 WIB – 14.30 WIB setiap hari dengan harga terjangkau yakni hanya Rp.10.000.

Pemilik warung ini, Pak Sodiq, memulai usaha doclangnya pada tahun 1976 dengan berjualan secara keliling di sekitar Pasir Kuda hingga Gunung Batu.

Namun, seiring berjalannya waktu, Pak Sodiq kini telah menetapkan lokasi tetap dengan menyewa sebuah kios di Jalan Pasir Kuda, Ciomas.

Kios ini sudah berdiri sejak tahun 1995 dan masih berjalan hingga sekarang. Sekarang, usaha Doclang Pak Odik diteruskan oleh anak keenamnya, yaitu Ismail.

Kelezatan doclang yang disajikan oleh Doclang Pak Odik telah menjadi legenda. Doclang Pak Odik tidak hanya menarik pelanggan dari kota Bogor, tetapi juga menarik perhatian para wisatawan yang datang dari berbagai kota lain.

Warung Doclang Pak Odik bahkan sudah dikenal oleh beberapa artis ternama seperti Syahrul Gunawan, Nani Wijaya, Desy Ratnasari, Vina Panduwinata, dan bahkan Pak Bondan Winarno.

Keberhasilan warung ini dalam meraih popularitasnya berkat rasa doclang yang benar-benar lezat dan istimewa. Tidak hanya itu, bumbu kacangnya juga istimewa karena menggunakan kacang mede.

3. Doclang Umi

Doclang Umi adalah salah satu tempat yang menyajikan doclang enak di Bogor dan telah memiliki banyak pelanggan setia. Warung ini terletak di Jl. Mantarena No. 1, Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Doclang Umi hanya buka pada jam 06.00 hingga 10.00 pagi setiap harinya.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menikmati Doclang Umi adalah ketersediaan waktunya. Karena mereka hanya berjualan di pagi hari, para penggemar doclang harus datang pagi-pagi sekali. Seiring dengan berjalannya waktu menuju siang, Doclang Umi atau Doclang Mantarena ini biasanya akan habis terjual.

Keistimewaan dari doclang ini yang membuatnya menjadi buruan adalah sambal kacangnya yang terkenal enak. Rasa sambal kacang yang lezat ini menjadi daya tarik utama bagi pelanggan setia Doclang Umi. Selain itu, harganya sangat terjangkau, dimulai dari Rp 10.000 saja per porsi.

Jika Anda ingin mencicipi doclang enak ini, Anda hanya perlu datang ke warungnya yang terletak di Jl. Mantarena No. 1, Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, Bogor. Namun, pastikan Anda datang pagi-pagi agar tidak kehabisan.

4. Doclang Pak Ambing

Warung Doclang Pa Ambing adalah tempat yang cocok untuk menjajal doclang khas Bogor. Alamatnya berada di Jl. Abesin No. 6B, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Warung ini buka dari pukul 06.30 WIB – 12.00 WIB.

Di Doclang Pa Ambing, Anda akan menemukan doclang khas Bogor dengan cita rasa yang sangat autentik. Hal ini disebabkan oleh penggunaan bahan-bahan dasar dan kecap yang khas Bogor dalam pembuatan doclang di warung ini.

Warung Doclang Pa Ambing menyajikan doclang dengan saus kacang yang lezat. Setiap porsi doclang di sini terdiri dari irisan ketupat, tahu kuning goreng, kentang goreng, dan telur.

Meskipun tampak sederhana, rasanya sangat enak, terutama berkat kelezatan saus kacang yang kental. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika tempat ini termasuk dalam daftar rekomendasi doclang di Bogor yang wajib dicoba.

Harga satu porsi doclang di Warung Doclang Pa Ambing cukup terjangkau, dengan perkiraan sekitar Rp 10.000. Jadi, jika Anda masih ingin mencicipi doclang di Bogor, Warung Doclang Pa Ambing adalah salah satu pilihan yang patut dipertimbangkan.

Itulah rekomendasi tempat makan doclang di Bogor yang bisa Anda kunjungi saat ingin menikmati sarapan pagi. Doclang, makanan mirip dengan kupat tahu, biasanya disajikan dengan tambahan pelengkap seperti selada, taoge, dan kerupuk sebelum disantap.

Meskipun jumlah pedagang doclang di Bogor tidak sebanyak dulu, masih ada beberapa tempat yang menjual hidangan ini. Rasa khas doclang membuatnya menjadi hidangan yang sulit untuk dilewatkan. Pernahkah Anda mencoba doclang sebelumnya?