Timnas Basket Spanyol Datang dengan Skuad Terbaiknya agar Pertahankan Gelar Piala Dunia Basket FIBA!

JAKARTA, BERITARADAR – Timnas basket Spanyol telah tiba di Jakarta pada hari ini Rabu, 23 Agustus 2023 dan mereka akan siap untuk menjalani ajang kompetisi Piala Dunia Basket FIBA 2023.

Mereka datang ke Indonesia dengan tujuan utama yaitu mempertahankan gelar juara dalam ajang FIBA Basketball World Cup 2023 atau Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023.

Kapten Timnas Basket Spanyol, yakni Rudy Fernandez, memimpin rombongan tersebut. FIBA Basketball World Cup 2023 rencananya sudah terjadwal dalam tiga negara, yaitu Jepang, Filipina, dan Indonesia, mulai dari tanggal 25 Agustus hingga 10 September 2023.

Sebagai salah satu tuan rumah, Indonesia telah menyiapkan arena baru bernama Indonesia Arena yang berlokasi di Jakarta.

Indonesia Arena akan menjadi saksi bisu dari setiap pertandingan Piala Basket FIBA 2023 yang tergabung pada Grup G dan Grup H.

Grup G menjadi salah satu kelompok menarik karena di dalamnya terdapat tim juara bertahan, Spanyol. Di grup ini, Spanyol akan bersaing dengan Iran, Pantai Gading, dan Brasil.

Timnas basket Spanyol tiba di Jakarta pada pagi hari Rabu (23/8/2023), pelatih Sergio Scariolo dan kapten Rudy Fernandez lah yang akan memimpin mereka pada ajang kompetisi paling bergengsi itu.

Timnas Basket Spanyol Siap Bertanding di Piala Dunia Basket FIBA 2023

Meskipun ada kekhawatiran mengenai kehadiran point guard Alberto Diaz, akhirnya dia dapat pulih dengan tepat waktu. Kembalinya Alberto Diaz menyebabkan Jaime Fernandez harus dihapus dari daftar skuad La Roja.

“Saya sangat senang mengunjungi Indonesia untuk pertama kalinya dan saya juga bersemangat untuk mencoba makanan yang ada di sini,” ujar Juancho Hernangomez, pemain kunci yang juga berperan sebagai Bo Cruz dalam film Hustle, ketika tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

“Saya merasa bahagia, ini kali pertama saya ke sini,” tambah Willy, kakak Juancho. Selain menjadi juara bertahan Piala Dunia, Spanyol juga berhasil meraih gelar juara EuroBasket 2022 dan menduduki peringkat pertama dalam peringkat FIBA.

Rudy Fernandez dan rekan-rekannya akan memulai perjuangan mereka untuk mempertahankan gelar dengan menghadapi Pantai Gading pada hari Sabtu, tanggal 26 Agustus 2023. Selanjutnya, mereka akan bertanding melawan Brasil pada hari Senin, tanggal 28 Agustus 2023. Spanyol akan menyelesaikan fase grup FIBA World Cup 2023 di Indonesia dengan melawan Iran pada hari Rabu, tanggal 30 Agustus 2023.

Spanyol datang ke turnamen ini setelah meraih tiga kemenangan dan dua kekalahan dalam pertandingan persiapan melawan Venezuela, Slovenia, Amerika Serikat, Kanada, dan Republik Dominika di kota-kota seperti Madrid, Malaga, dan Granada.

Sehari sebelumnya, tim Iran juga telah tiba di Jakarta. Dipimpin oleh center veteran Hamed Haddadi, Iran akan menghadapi Brasil dalam pertandingan pembuka mereka pada hari Sabtu, tanggal 26 Agustus 2023.