Alun Alun Kejaksan Cirebon, Tempat Terbaik Untuk Berburu Wisata Malam Menikmati Liburan di Akhir Pekan

CIREBON,BERITARADAR.COM – Alun Alun Kejaksan Cirebon adalah salah satu tempat wisata terbaik yang wajib untuk Anda masukan ke dalam list tujuan destinasi wisata yang harus Anda kunjungi ketika pergi ke Kota Cirebon.

Tempat wisata hits ini selalu ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan masyarakat baik ketika sedang liburan akhir pekan atau bahkan ketika hari biasa sekalipun.

Tidak perlu jauh dan mahal untuk mengisi liburan bagi warga Cirebon. Di kelurahan Kebonbaru, ada sebuah objek wisata yang selalu ramai dikunjungi setiap hari, Alun-Alun Kejaksan namanya.

Sebagaimana alun-alun pada umumnya, desain utamanya yakni sebuah taman yang biasa digunakan untuk bersantai. Namun ada sedikit perbedaan kali ini karena ada beberapa fasilitas penunjang yang sekaligus menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Cirebon yang dikenal salah satu kabupaten dengan hasil laut melimpah juga menyimpan sejarah panjang bagi kotanya. Banyak peninggalan sejarah yang patut dikenal oleh kaum muda saat ini selain banyaknya keraton yang ditemui.

Setiap keraton juga memiliki kisah panjang dari pangeran kerajaan pada zaman dulu. Demikian pula alun-alun yang digunakan taman saat ini juga menyimpan sejarah.

Menurut sejarah, Alun-Alun Kejaksan sudah ada sejak zaman Sunan Gunung Jati. Kondisinya saat itu masih basa saja, hanya berupa lapangan luas dengan tumbuhan di sekitar lokasi. tidak banyak yang bisa dilakukan pada saat itu hingga tahun2019.

Dialah sang Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang menjadi pelopor utama untuk merevitalisasi tempat tersebut menjadi salah satu objek wisata yang layak dikunjungi.

Berikut Ulasan Tentang Alun Alun Kejaksan Cirebon

Daya Tarik yang Dimiliki Alun-Alun Kejaksan

  1. Pemandangan Indah dan Masih Asri

Tidak salah jika tempat ini sering dikunjungi oleh para wisatawan karena Alun-Alun Kejaksan memiliki daya tarik pesona yang indah dan tidak ada duanya.

Sehingga, tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Ketika Anda berada disini, tempat ini memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas yang biasa kita lakukan sehari hari. Jadi, akan sangat disayangkan jika Anda melewatkan salah satu tempat wisata terbaik yang ada di Kota Cirebon.

Selain itu, obyek wisata ini sangat ramah kepada para turis lokal maupun turis asing sehingga itu akan membuat Anda merasa nyaman ketika datang kesini

Kebanyakan para wisatawan yang datang dari berbagai pelosok negeri atau bahkan warga sekitar Kota Cirebon menjadikan Alun-Alun Kejaksan sebagai tempat untuk mereka bersantai.

Bukan tanpa alasan, tempat ini memberikan pemadangan yang indah dengan suasana yang masih asri. Masih banyak pepohonan dan taman taman hijau yang subur mengelilingi tempat wisata hits ini.

Tentu, suasana asri disertai pemandangan yang indah bisa menjadi tempat refreshing bagi Anda yang ingin menjauh dari suasana kota.

  1. Dekat Dengan Sejarah Nilai Islam di Kota Cirebon

Selain menawarkan keindahan yang tidak ada duanya, salah satu hal yang menarik adalah karena memiliki sejarah yang terkait dengan berdirinya nilai-nilai Islam di Kota Cirebon.

Dalam tutur kata bahasa Cirebon, “Ke” memiliki sebuah arti sebagai “Kiai”. Sementara “Jaksan” merupakan arti dari kebijaksanaan. Kata “Kejaksan” memiliki makna sebagai “kiai yang bijaksana”.

Tokoh yang dimaksud sebagai “kiai yang bijaksana” adalah Syarifuddin Abdurahim. Konon, nama tersebut adalah nama yang diberikan oleh Syekh Dzatul Kahfi (atau Syekh Datuk Kahfi).

Syarifuddin Abdurahim merupakan Pangeran Kejaksan yang mempelajari dan menekuni tentang Ilmu Islam dan Hukum Islam sehingga membuat banyak orang yang mempercayai kebijakan dan nasehat yang diberikan oleh Syarifuddin Abdurahim.

Hampir setiap hari banyak orang yang mendatangi rumah beliau untuk berkeluh kesah tentang permasalahan hidup yang sedang di hadapi lalu meminta sebuah nasihat. Letak rumah dari Syarifuddin Abdurahim berada tak jauh dari Alun-Alun Kejaksan yaitu tak kurang dari 500 meter.

  1. Terdapat Tugu Proklamasi

Pada sudut alun-alun yang berada di perempatan antara Jalan RA Kartini dan Jalan Siliwangi, ada sebuah Tugu yang berdiri, yaitu Tugu Proklamasi. Tugu ini dibangun untuk menjadi pengingat kepada masyarakat atas terjadinya pertempuran besar dari arah rel kereta stasiun Kejaksan.

Saat pertempuran itu terjadi, ada ribuan pejuang revolusi naik kereta api dari Stasiun Jatinegara ke Yogyakarta. Bukti dari pertempuran ini masih terlihat jelas.

Alamat Dan Rute Menuju Lokasi

Alun-Alun Kejaksan adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Kejaksan, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Alamatnya ada di Jl. RA. Kartini di depan Masjid Raya At Taqwa Cirebon. Tetapi, jika Anda masih bingung dengan rute dan letak pasti dari tempat wisata populer ini, Anda bisa menggunakan bantuan dari aplikasi google maps karena lokasi taman ini sudah terdaftar sehingga Anda hanya perlu mengetik nama dari obyek wisata favorit ini.

Walaupun Alun-Alun Kejaksan telah menjadi salah satu destinasi tempat wisata favorit yang ada di Kota Cirebon, untuk menikmati dan menghabiskan waktu di tempat ini Anda tidak akan dikenakan biaya untuk masuk.

Wisata bahari ini merupakan ruang publik yang terbuka untuk umum. Jadi, siapa saja bisa menghabiskan waktunya disini tanpa perlu khawatir dengan harga tiket untuk masuk. Tidak ada tiket, Anda bisa datang ke tempat ini secara gratis.

Menikmati quality time Bersama keluarga dan orang yang kamu sayangi, Aktivitas ini baik untuk baik untuk menyegarkan pikiran dari rutinitas yang membosankan.

Tidak hanya itu, liburan memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Tak heran, liburan kerap dianggap sebagai cara healing terbaik. (*)

Tinggalkan Balasan