Wajib Banget Cobain ! Ini dia 5 Makanan Khas Majalengka Yang Cocok Untuk Dijadikan Kuliner Malam

CIREBON,BERITARADAR.COM – Makanan khas majalengka wajib banget kamu cobain ketika sedang berkunjung di majalengka selain punya rasa yang khas, makanan khas majalengka terbuat dari bahan yang alami dan aman untuk di konsumsi.

Disebut sebagai Kota Angin, Majalengka memiliki berbagai destinasi Kuliner Malam yang menarik dikunjungi. Selain itu, banyak makanan khas Majalengka yang patut anda coba.

Berlibur sambil mencicipi kuliner di suatu daerah tentunya menarik. Apalagi jika daerah tersebut memberikan banyak pilihan makanan nikmat dan juga oleh-oleh untuk saudara di rumah.

Simak Ulasan Lengkap Tentang 5 Makanan khas majalengka

  1. Jalakotek

Jalakotek merupakan cemilan khas Majalengka berbahan dasar aci dan tahu yang sudah dibumbui. Makanan ini mirip dengan kue pastel dan paling nikmat disantap jika masih keadaan hangat, ditemani dengan minuman es teh manis. Bagaimana penasaran kan dengan uniknya nama makanan tersebut dan rasanya?

Kecamatan Maja merupakan daerah yang terkenal penghasil Jalakotek yang lezat. Sebarannya pun merata mulai dari desa Paniis, Maja Utara, Maja selatan hingga desa Pasanggrahan.

  1. Oncom Goreng

Oncom goreng khas Majalengka berbeda dengan oncom goreng yang dijual di Bandung. Apabila oncom goreng Bandung bentuknya besar dan dilapisi dengan terigu, sementara yang di Majalengka bentuknya lebih kecil dan memakai bumbu serta bawang goreng.

Oncom goreng ini enak dinikmati sebagai pendamping mi ayam atau bakso. Cukup mudah untuk menemukan oncom goreng ini karena dijual di pasar tradisional maupun toko oleh – oleh.

Sesuai namanya yang terbuat dari oncom. Oncom bentuknya seperti tempe tapi berwarna merah kejinggaan karena terbuat dari kacang tanah dan di fermentasi oleh bakteri yang berbeda dengan bakteri pada tempe. Oncom goreng ini rasanya enak dan gurih. Cocok dijadikan camilan atau lauk untuk makan.

Oncom goreng ini juga bisa jadi andalan untuk dibawa sebagai oleh oleh di rantauan dan menjadi menu favorit banyak orang. Oncom goreng ini banyak di jual di pasar tradisional, pusat oleh-oleh, dan supermarket di majalengka.

  1. Tutut

Tutut adalah sejenis keong yang memiliki ukuran kecil, tutut dimakan sebagai lauk, tapi tidak sedikit juga yang memakannya sebagai pencuci mulut karena dimasak dengan rempah-rempah untuk mengakhiri makanan. Masakan ini juga termasuk kedalam makanan khas Majalengka dan keberadaan makanan ini sudah sangat populer.

  1. Rempeyek Palasah

Sudah kebiasaan kita orang sunda selalu makanan rempeyek atau gorengan yang begitu renyah dengan komposisi yang pas bumbu-bumbu nya, punya resep khas dan turun – temurun membuat lidah kita semakin asyik dan ketagihan dengan rempeyek ini.

Sesuai namanya rampeyek Palasah, Kecamatan Palasah adalah penghasil rampeyek yang cukup terkenal di kabupaten Maajalengka.

  1. Rengginang Majalengka

Bagi warga Jawa Barat, rengginang memang merupakan camilan yang tak asing lagi. Makanan dengan bahan beras ketan yang dikeringkan ini biasanya disajikan bagi tamu yang berkunjung ke rumah.

Rasanya yang gurih kerap menjadi camilan yang asyik disantap sambil bercengkrama dengan sanak famili dan teman. Tak hanya itu, rengginang juga bisa menggantikan peran kerupuk ketika kita menyantap makanan berkuah.

Itulah 5 makanan unik khas majalengka yang bisa kamu jadikan oleh oleh ketika berkunjung ke majalengka (*)

Tinggalkan Balasan