KOTA BIG APPLE JULUKANNYA ! Fakta New York, Kota yang Entah di Mana Old Yorknya

CIREBON, BERITARADAR.COM – Saat ini New York menjadi kota terpadat yang ada di Amerika Serikat, dengan populasi mencapai lebih dari 8 juta orang dan luas wilayah sebesar 784 km2.

Selain menjadi kota terpadat di Amerika Serikat, New York juga disebut sebagai pusat dari berbagai budaya, bahkan bisa memberikan pengaruh yang besar pada hiburan perdagangan hingga teknologi.

Namun masih ada banyak yang belum tahu tentang kota New York ini, kota New York merupakan pusat pergerakan dunia paling berpengaruh.

Seperti yang kita ketahui, United State of America adalah Negeri adidaya yang paling berpengaruh terhadap perkembangan dunia.

Fakta New York yang Memiliki Kapasitas Terbaik dari Banyak Sisi, Lalu Dijadikan Jantung yang Menjalankan Segala Kapasitas Tersebut

Untuk menjadi Negeri adidaya tentu harus mempunyai kapasitas terbaik dari segi manapun, New York dijadikan jantung yang menjalankan segala kapasitas tersebut.

Pusat perdagangan dunia, World Trade Center building berada di New York, pusat pasar bursa dunia, New York stop exchange berada di New York.

Faktanya, Pusat bisnis Global, terdapat ribuan perusahaan besar yang banyak masuk di daftar perusahaan yang berpengaruh di dunia berkantor di New York, pusat keuangan nomor satu dunia, lembaga-lembaga keuangan dan lebih dari 200 bank perwakilan setiap negara berada di New York.

Salah satu kota dengan pusat edukasi terbaik, terdapat lebih dari 35 lembaga pendidikan tinggi, termasuk di antaranya berkelas internasional, seperti New York University, Columbia University dan The Juilliard School berada di New York.

Salah satu kota dengan pusat teknologi dunia, terdapat sekitar 7000 perusahaan dan start up teknologi tingkat tinggi seperti IDM, spotify, hawell dan Verizon wireless berada di New York.

Pusat media massa dunia, lebih dari 200 media cetak dan 350 majalah konsumen berkantor di New York, seperti The New York Times dan The Wall Street Journal.

Media pertelevisian seperti ABC, CBS, FOX, NBC, MTV dan HBO pun berada di New York, pusat perdamaian dunia, markas PBB atau UN berada di New York.

Pusat hiburan dunia, produksi musik dan film internasional seperti Warner Bros universal dan Sony berpusat di New York.

Untuk berkunjung liburan pun New York adalah kota yang tepat, karena terdapat banyak Café, pusat perbelanjaan di Times Square, Turis Spot, Liberty dan Central Park.

Tak hanya itu, New York memiliki banyak julukan karena ketenarannya di dunia, seperti julukan kota Big Apple, karena bila dilihat di map New York berbentuk seperti buah apel.

Julukan lainnya adalah kota tersibuk, sebagai pusat dari segala-galanya, pastinya New York sangat sibuk, adapun julukan lainnya lagi yaitu kota yang tak pernah tidur.

Negara bagian New York membuang hampir 23 juta ton sampah setiap tahun, kota New York sendiri mengirimkan Armada truk sampah yang kalau dijejerkan memiliki panjang 14 km setiap hari ke tempat-tempat yang berjarak hingga 500 km.

Di balik kepopuleran kota New York ternyata kota ini masuk dalam 10 peringkat kota terkotor dan terjorok di dunia.

Menurut survei, New York masuk dalam kategori kota terkotor karena polusi sampah yang menduduki peringkat teratas, kota metropolitan yang berpenduduk 8 juta orang itu juga dihuni sekitar 2 juta ekor tikus.

Tikus bisa dengan mudah dijumpai di sudut-sudut kota, terutama di tempat pembuangan sampah dan ganggang gelap di antara gedung-gedung tinggi.

Sebagai kota besar biasanya tidak terlepas dengan hal yang berbau s*ks dan kontroversi, NXIVM adalah sekte s*ks dari kota New York yang menggemparkan dunia.

Menurut mantan anggota NXIVM, setiap bulan Agustus selalu diadakan acara meriah untuk merayakan acara ulang tahun mingguan Keith Raniere, yaitu pemimpin dari sekte s*ks gila ini.

Dalam acara itu juga terdapat sebuah upacara penghormatan untuk Raniere yang biasa disebut dengan istilah Vanguard Week, menurut laporan agen khusus FBI disebutkan, bahkan ranire punya 15 hingga 20 perempuan pribadi yang rutin berhubungan s*ks dengannya.

Setiap budak s*ks yang bergabung diharuskan merekrut budak s*ks lainnya yang kesemuanya akan bekerja untuk memuaskan Raniere.

Mereka dicap menggunakan pena kauterisasi, tepatnya pada daerah panggul dalam berbagai upacara khusus sekte, beberapa korban menjelaskan bahwa cap tersebut memiliki 4 elemen yakni udara, tanah dan air serta pena kauterisasi sebagai elemen apinya.

New York adalah negara keenam yang melegalkan pernikahan sesama jenis, ketika Gubernur Andrew Cuomo mengesahkan undang-undang kesetaraan pernikahan pada 4 Juni 2011.

Setelah undang-undang itu disahkan, 823 pasangan sesama jenis menikah di kota New York city.

Pada 26 Juni 2015, Amerika Serikat secara resmi mengesahkan perkawinan sesama jenis, mengikuti jejak 20 negara lain sebelumnya.

Hasil survey memaparkan, sebanyak 76% Yahudi Amerika Serikat mendukung pengesahan perkawinan sesama jenis ini, sedangkan 18% menentang dan 8% tidak menyatakan sikapnya.

Tidak disangka, warga New York suka menggigit sesama warga 10 kali lebih banyak daripada gigitan hiu di seluruh dunia pertahunnya.

Untuk setiap gigitan hiu pada manusia, maka warga New York sudah menggigit setidaknya 25 orang, yang punya pacar orang New York sebaiknya gunakan baju yang tebal.

Sungai Niagara memiliki dua pembangkit hidroelektrik pertama yang mampu menghasilkan 2,5 juta KW energi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Listrik Negara bagian New York dan provinsi Ontario, Kanada.

Ini merupakan pembangkit listrik tenaga air pertama yang dibangun pada tahun 1879, pada tahun 1881 lampu jalan di kota Niagara Fals ditenagai oleh tenaga air, pada tahun 1882 pembangkit listrik tenaga air pertama di dunia mulai beroperasi di Amerika Serikat di Appleton, Wisconsin.

Gereja terkecil di dunia, Chapel Cross Island terdapat di Oneida, New York. Gereja ini menjadi yang terkecil di dunia karena hanya dapat diisi oleh dua orang Jemaat.

Tak hanya itu, gereja ini pun bukan berada di pinggir jalan tapi di tengah kolam. Chapel ini dibangun pada tahun 1989 dengan luas areanya hanya kurang dari 9 meter persegi.

Sisi bangunan dibalut dengan kayu yang dicat putih dan dulunya hanya digunakan sebagai tempat pernikahan yang sederhana.

Ketika terjadi wabah Corona, warga AS di negara bagian New York yang paling banyak terinfeksi Virus Corona adalah keturunan Yahudi Ortodoks, tidak jelas apakah serangan covid-19 kepada warga Yahudi itu terkait perilaku mereka atau karena persoalan lain.

Namun ada dugaan hal ini dikaitkan dengan hari libur Yahudi, sebenarnya negara yang pertama memberlakukan plat nomor secara sah di mata hukum adalah Belanda pada tahun 1898 setelah melihat Perancis menerapkan plat nomor.

Selanjutnya, barulah pada tahun 1901 New York sebagai negara bagian pertama yang mengharuskan semua mobil memiliki plat nomor, namun lempeng-lempeng itu tidak dikeluarkan oleh negara tetapi dibuat oleh pemilik dan diminta untuk mencantumkan inisial nama pemiliknya.

Prancis menghadiahi patung Liberty ke Amerika Serikat pada tahun 1886 sebagai perayaan 100 tahun kemerdekaan AS dan melanjutkan hubungan antara kedua Negara.

Patung itu dikirim dalam bentuk 350 potong, dibutuhkan 214 peti dan butuh waktu 4 bulan untuk merakitnya di lokasinya saat ini di Pulau Elis New York.

New York city Federal Reverse Bank, memiliki brankas penyimpanan emas terbesar di dunia, bank ini memiliki gudang 24 meter di bawah permukaan jalan dan kabarnya jumlah emas dalam tempat penyimpanan yang ada di kota New York itu ditaksir mencapai 350 miliar dolar Amerika.

Saking luar biasanya, emas di dalam tempat penyimpanan ini disebut-sebut berjumlah 25% dari total cadangan emas di dunia saat ini, total batangannya sendiri diperkirakan mencapai 530.000 batang emas.

Nama kota New York ini memiliki sejarah yang berhubungan dengan penjajahan yang terjadi di tempat yang saat ini bernama New York, pada abad ke-17 wilayah ini pernah dijajah oleh bangsa Belanda, sehingga tempat ini dinamakan sebagai new Netherland atau Belanda baru.

Tujuan dari penjajahan yang dilakukan oleh bangsa Belanda di Amerika Serikat saat itu adalah memanfaatkan perdagangan bulu yang ada di Amerika Serikat.

Namun di tahun 1664 penjajahan Belanda ini diambil alih oleh Inggris, saat berlangsungnya perang Inggris Belanda yang kedua.

Jika kota yang saat ini bernama New York pada awalnya bernama new Netherland, lalu bagaimana kota ini berganti nama menjadi New York.

Perubahan nama ini ternyata terjadi saat penjajahan Inggris yang dimulai tahun 1664, nama York ini diambil dari nama Duke of York, adik dari raja Charles II, pemimpin Inggris saat itu.

Duke of York atau yang bernama asli James dianggap memiliki peran penting dalam perang dengan Belanda saat itu, sehingga penggunaan nama York untuk mengganti nama new Netherland menjadi New York saat itu dilakukan sebagai tanda penghormatan untuk Duke of York.

Lalu, apakah ada tempat bernama old York? meski ada tempat bernama New York ternyata tidak ada tempat yang bernama old York.

Namun, ada tempat yang bernama York tapi terletak di Inggris, York merupakan wilayah otoritas kesatuan yaitu wilayah yang bertanggung jawab untuk berbagai fungsi pemerintahan daerah.

Kota York didirikan oleh bangsa Romawi pada tahun 71 Masehi dan menjadi ibukota provinsi dari kerajaan deira.

Nah, di abad ke-19 York menjadi pusat utama jaringan kereta api dan pembuatan gula yang statusnya dipertahankan hingga abad ke-20, kota York yang ada di Inggris inilah yang diyakini sebagai Old York atau kota York yang asli. (*)

Tinggalkan Balasan