Game Engine Terpopuler dan Terbaik Tahun 2023!

 CIREBON, BERITA RADAR.COM –Artikel ini akan membahas mengenai game engine terpopuler serta terbaik di tahun 2023. Simak ulasannya dibawah ini!

Pengembang game tidak akan bisa membuat game tanpa menggunakan game engine. Mesin permainan adalah kumpulan alat dan kode yang dapat digunakan untuk membuat permainan.

Fungsi utama mesin permainan adalah menghasilkan grafik, mengelola suara, dan mengelola interaksi pengguna.
Mesin permainan juga dapat menyediakan alat untuk membuat level, karakter, dan objek permainan lainnya.

Mesin permainan dapat digunakan untuk membuat berbagai macam permainan, mulai dari permainan 2D sederhana hingga permainan 3D yang kompleks.

Dalam dunia video game, pengembang memiliki dua pilihan: menggunakan mesin game yang sudah ada atau membuatnya sendiri.

Saat ini ada beberapa gaming engine unggulan yang banyak digunakan oleh para developer. Beberapa contoh disediakan di bawah ini.

Berikut Ini Adalah Deretan Game Engine Terpopuler

1. Game Maker Studio

YoYo Games membuat GameMaker Studio, mesin game 2D. Versi pertama GameMaker Studio dirilis pada tahun 2002.

Banyak game populer yang menggunakan mesin ini, termasuk Undertale, Hotline Miami, dan Spelunky.GameMaker Studio dapat digunakan oleh pemula.

GameMaker memiliki editor drag-and-drop untuk membuat game dengan cepat dan mudah.

GameMaker berbeda dari mesin lain karena hanya berfokus pada pembuatan game 2D, sedangkan mesin game lainnya, seperti Unity dan Unreal Engine, adalah mesin game 3D. Hal ini dikarenakan keterbatasan GameMaker Studio dalam membuat visual 3D.

2. Unreal Engine

Epic Games menciptakan Unreal Engine, mesin game 3D. Unreal Engine pertama kali diterbitkan pada tahun 1998 dan telah digunakan untuk menghasilkan beberapa game sukses, termasuk Fortnite, Gears of War, dan Final Fantasy VII Remake.

Unreal Engine adalah mesin game yang dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai macam game, mulai dari 3D realistis hingga 2D yang lebih kasual.

Berkat teknologi modern seperti ray tracing dan nanite, Unreal Engine juga dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman visual yang realistis dan imersif.

Unreal Engine adalah mesin game gratis yang dapat digunakan siapa saja, baik komersial maupun non-komersial.

Unreal Engine juga menghadirkan komunitas pengguna yang besar dan aktif yang dapat membantu pembuat konten baru mempelajari cara membuat game.

3. Unity

Unity Technologies menciptakan mesin game 2D dan 3D. Game ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2005 dan sejak saat itu telah digunakan untuk mengembangkan beberapa game populer seperti Hearthstone, Pokémon Go, dan Temple Run.

Persatuan adalah konsep yang populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Unity dapat digunakan untuk membuat game yang dapat dimainkan di berbagai platform, seperti PC, Mac, Linux, seluler, dan konsol.

Unity juga memiliki basis pengguna yang cukup besar, baik secara global maupun lokal. Selain itu, Unity Technologies memberikan bantuan yang sangat baik.

Dokumentasi, tutorial, dan forum dukungan adalah beberapa materi yang disediakan oleh perusahaan.

Unity gratis untuk individu atau pengembang indie yang baru memulai, tetapi perusahaan game besar dan mapan membayarnya.

Nah, itu tadi rekomendasi game engine terpopuler serta terbaik di tahun 2023 ini.(*)