Cara Menghindari Aplikasi Berbahaya pada Play Store

CIREBON, BERITARADAR.COM – Ada beberapa cara menghindari aplikasi berbahaya yang atersebar di Play Sore. Simak tipsnya dibawah ini!

Tentu saja, menghindari aplikasi Android yang berbahaya sangatlah penting. Cara menghindari aplikasi Android yang berbahaya juga cukup beragam.

Pada bagian berikut, kami akan membahas tips HP untuk menghindari aplikasi berisiko ini dengan mudah dan cepat.

Pengguna smartphone Android dan iOS sudah tidak asing lagi dengan aplikasi tersebut. Apalagi saat ini banyak sekali berbagai macam program yang sering kita gunakan di ponsel kita.

Aplikasi chatting, game, aplikasi edit foto atau video, dan aplikasi lainnya juga tersedia. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk melakukan berbagai tugas hanya dengan menggunakan telepon kita.

Tak heran jika banyak orang yang memasang aplikasi di ponselnya. Anda juga dapat menambahkan mereka yang menginstal berbagai aplikasi untuk berbagai keperluan.

Berikut Ini Adalah Cara Menghindari Aplikasi Berbahaya pada Play Store

Tidak Menginstal dari Sumber Tak Resmi

Metode pertama adalah menghindari penginstalan perangkat lunak dari sumber yang tidak dikenal dan tidak sah. Karena tidak ada jaminan install program di hp aman.

Tidak menutup kemungkinan aplikasi yang diperoleh dari sumber yang tidak sah akan membahayakan ponsel.
Akibatnya, Anda hanya boleh mengunduh perangkat lunak dari sumber terkenal dan resmi.

Aplikasi, misalnya, dapat diunduh dari Play Store atau situs web aplikasi itu sendiri. Ini memastikan keamanan aplikasi yang akan Anda unduh.

Aktifkan Google Play Protect

Kemudian, di ponsel Android Anda, aktifkan fitur Google Play Protect. Fitur ini penting untuk memastikan keamanan program yang diunduh dari Play Store sebelum menginstalnya.

Google Play Protect akan mendeteksi banyak aplikasi yang dapat membahayakan ponsel Anda. Jadi, Anda dapat mempelajari lebih lanjut dan menghindari mengunduh aplikasi berbahaya ini.

Untuk mengaktifkan opsi ini, buka Play Store dan pilih “Kelola Aplikasi & Perangkat”. Kemudian pilih “Buka Play Protect” dan buka tab “Pindai aplikasi dengan Play Protect”.

Tidak Membuka Pesan Link dari Nomor Tak Dikenal

Anda terkadang menerima tautan dalam pesan dari WhatsApp, Telegram, atau program lain. Saat Anda mengeklik tautan, ponsel Anda biasanya akan mengunduh aplikasi.

Program ini kemudian berbahaya karena memiliki kemampuan untuk meretas ponsel Android. Untuk menghindari aplikasi Android yang berbahaya ini, abaikan pesan yang berisi tautan masuk.

Pastikan untuk tidak mempercayai pesan tersebut dan hindari mengklik tautan yang ditautkan. Dengan cara ini, Anda dapat menghindari phishing atau penipuan pesan.

Waspada Terhadap Pop-Up yang Muncul pada Aplikasi

Sebagian besar program jahat akan menyebabkan pop-up muncul di layar HP. Munculan adalah program berbahaya yang sering menampilkan iklan.

Munculan ini tidak disukai oleh pengguna HP dan dapat menghasilkan pendapatan bagi pengembangnya. Iklan pop-up ini bisa berbahaya bagi perangkat Android kita.

Akibatnya, jika aplikasi yang Anda instal menyebabkan munculan, disarankan untuk menghapus instalannya. Tujuannya adalah untuk menghindari konsekuensi negatif dari aplikasi yang dicurigai tersebut.

Itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengindari aplikasi berbahaya yang telah tersebar dimana mana.(*)