Cara Menghindari Malwer pada Ponsel yang Harus Diketahui

CIREBON, BERITARADAR.COM – Ada beberapa cara menghindari malwer pada ponsel yang harus kamu ketahui agar ponsel tetap aman menjaga data pribadi.

Di era digital saat ini, ponsel tidak lagi hanya digunakan untuk komunikasi; mereka telah berevolusi menjadi alat serbaguna yang membantu kita dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

Namun, seiring dengan peningkatan kemampuan ponsel, kemungkinan malware juga meningkat.

Berikut adalah beberapa petunjuk untuk menjaga ponsel Anda aman dari malware

Mengunduh Aplikasi dari Sumber Terpercaya

Disarankan untuk selalu mengunduh dari sumber resmi yang direkomendasikan oleh ponsel, seperti playStore atau App Store untuk IOS.

Tidak disaankan untuk mengunduh aplikasi dari situs web yang tak dikenal seperti mengunduh aplikasi dari link yang tak tahu jelas dari mana.

Selalu Memperhatikan Izin Aplikasi

Sebelum mengunduh suatu aplikasi, periksa terlebih dahulu izin apa yan diperlukan aplikasi tersebut. Jika aplikasi itu mengharuskan kamu memberikan izin yang tak semestinya, maka pertimbangkan untuk mengunduh aplikasi tersebut.

Selalu Gunakan Anti Virus

Meskipun setiap ponsel memiliki sistem keamanan anti virus, maka tak ada nasalah jika kamu memberikan perlindungan anti virus ganda

Waspada Jika Menggunakan Wi-fi di Tempat Umum

Hindari menggunakan jaringan wi-fi ditempat tanpa adanya perlindungan proteksi. Jika mengharuskan kamu mengunakan wi-fi public, gunakan VPN untuk mempertimbangkannya.

Hati dengan Akses Fisik

Hindari orang lain mengases ponselmu dengan bebas, untuk menghindarinya gunakan kunci layar ganda seperti kunci sidik jari dan pin layar.

Rajin Update Operasi System

Tambalan keamanan biasanya disertakan dalam pembaruan sistem operasi untuk melindungi ponsel dari ancaman malware terbaru. Pastikan ponsel Anda selalu up to date.

Hindari ‘Rooting’ atau ‘Jailbreaking’

Rooting (untuk Android) atau jailbreaking (untuk iOS) membuka fungsi tambahan. Namun, ini juga menimbulkan risiko malware meningkat.

Pelajari Lebih Dalam Mengenai Virus Malware

Pelajari tentang malware dan ancaman keamanan terbaru. Anda akan lebih siap untuk melindungi diri sendiri jika Anda memahami bahayanya.

Selalu waspada dalam menjaga keamanan data diri dalam ponsel. Dengan lebih berkembangnya teknologi, maka kejahatan syber pun makin marak.(*)