8 Kuliner Malam di Surabaya yang Jadi Rekomendasi

CIREBON, BERITARADAR.COM – Mau menikmati kuliner malam di Surabaya? Sebelum akhir pekan, kamu bisa menyempatkan diri untuk ‘hunting’ kuliner. Jika kamu berdomisili di Surabaya, tak perlu khawatir mencari kuliner malam. Ada beragam kuliner malam Surabaya yang bisa kamu coba.

Berikut 8 Kuliner Malam di Surabaya yang Jadi Rekomendasi:

1. Rawon Kalkulator

Kuliner ini berlokasi di Sentra PKL Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, Surabaya, dan buka mulai pukul 10.00 hingga 03.00 WIB. Dijuluki kalkulator karena sang penjual memiliki kemampuan menghitung dengan sangat cepat tanpa kalkulator.

Rawon Kalkulator juga dianggap legendaris karena telah berdiri selama 35 tahun dan tidak pernah sepi pengunjung. Menu rawon di sana dikenal sangat lezat. Bahkan, pengunjung juga dapat menambah lauk seperti perkedel, tempe, telur asin, atau paru.

2. Bebek Tugu Pahlawan

Berada di Jalan Tembaan 17F, Alun-alun Contong, Surabaya, atau dekat Tugu Pahlawan. Kuliner kaki lima ini beroperasi pukul 17.30 hingga 22.30 WIB. Jika mau mencicipi Bebek Tugu Pahlawan Surabaya, pengunjung harus rela antre panjang dan berdesak-desakan. Ukuran bebeknya pun besar dan empuk. Saat dimakan, dagingnya terasa gurih dan juicy.

3. Nasi Goreng Rp 5 Ribu Warung Mak

Warung Nasi Goreng Mak yang sangat legendaris karena menjual nasi goreng dengan harga Rp 5 ribu per porsi. Tak hanya nasi goreng saja yang dijual Rp 5 ribu, namun mie goreng, mie hun, hingga cap cay juga bisa didapatkan dengan membayar Rp 5 ribu saja.

Lokasinya di Jalan Pandegiling, sebelah Gang Tempel Sukorejo IV, RW X Surabaya. Warung itu buka pukul 15.00 hingga 03.00 WIB.

4. Nasi Pecel Rawon Pucang Moro Seneng

Apa jadinya jika nasi pecel dicampur dengan kuah rawon? Ketimbang penasaran, langsung saja cicipi Pecel Rawon Pucang yang legendaris ini. Kuliner ini beralamat di Jalan Pucang Anom 17, Pucang Sewu, Surabaya. Buka mulai pukul 18.00 WIB hingga 03.30 WIB.

5. Sego Sambel Mak Yeye

Warga Surabaya pasti tak asing dengan kuliner ‘Sego Sambel Mak Yeye’. Rumah makan ini masih menjadi buruan warga Surabaya yang ingin menikmati nasi dan lauk dengan sambal pedas di malam hari.

Lokasinya berada di Jalan Jagir Wonokromo Wetan 10 Surabaya. Sejak pandemi COVID-19, warung ini buka mulai pukul 16.00 sampai 00.00 WIB. Penyetan sego sambelnya sangat menggugah selera, terutama bagi pecinta kuliner pedas.

6. Padin Bu Dewi Achmad

Warung Padin Bu Dewi Achmad menawarkan aneka sajian menu lauk bakar dan goreng. Ingin menikmati menu bakaran dan gorengan di Surabaya? Datang saja ke Padin Bu Dewi Achmad di daerah Bubutan, Surabaya. Warung yang buka 24 jam ini selalu ramai pengunjung, baik siang maupun malam hari.

Menu istimewa yang terkenal di Warung Padin Bu Dewi Achmad adalah sambal pencit dan sambal tomat. Kedua sambal ini pas disajikan dengan enak lauk seperti ayam goreng, ikan dorang goreng, cumi goreng, paru goreng, dan banyak pilihan lauk lainnya.

Meskipun harganya sedikit lebih mahal dibanding tempat makan sejenis, tetapi tetap diminati oleh masyarakat dari dalam dan luar Surabaya.

  • Alamat: Jl. Kranggan No.26, Bubutan, Kec. Bubutan, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam operasional: Bukan 24 jam
  • Kisaran harga menu: Rp50.000-Rp75.000 / per orang (Untuk makanan dan minuman)

7. Seafood Genteng Besar

Bagi kamu yang menyukai kuliner seafood, cobalah mampir ke warung kaki lima di sepanjang Jalan Genteng Besar. Ada beragam pilihan kuliner seafood yang tersedia di sana. Rasanya pun terkenal lezat. Warung-warung ini buka mulai pukul 17.00 WIB hingga 02.00 WIB.

8. Nasi Cumi Ibu Atun

Surabaya adalah kota pesisir. Wajar bila aneka menu seafood tersedia di kota ini. Salah satu menu seafood yang banyak dicari di Surabaya adalah nasi cumi. Salah satu warung paling terkenal adalah Nasi Cumi Bu Atun atau biasa disebut Nasi Cumi Waspada.

Nasi Cumi ini terletak di Jalan Waspada, di samping Pasar Atom Surabaya. Warung ini menjual menu cumi-cumi yang dimasak dengan bumbu hitam. Tak hanya itu saja, cumi hitam ini disajikan dengan telur bali, perkedel, mi goreng, dan peyek.

Rasa dari nasi cumi ini sangat lezat dan khas. Dahulu, warung ini hanya buka di atas jam 11 malam saja, tetapi kini warung yang berada di samping pusat perbelanjaan Pasar Atom ini buka 24 jam.

  • Alamat: Jl. Waspada, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam operasional: Buka 24 jam
  • Kisaran harga menu: Di bawah Rp50.000 / per orang (untuk makanan dan minuman)

Itulah rekomendasi kuliner malam di Surabaya. Surabaya menyajikan beragam kuliner malam yang menggugah selera. Dari rawon hingga nasi cumi, ada banyak pilihan untuk memuaskan lidahmu di malam hari. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi kuliner-kuliner legendaris ini saat kamu berada di Surabaya. (*)

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News