Virus Malware Dapat Masuk Pada Aplikasi Tanpa Terdeteksi Anti Virus

CIREBON, BERITARADAR.COM – Virus malware ini dapat menyelundup masuk kedalam Aplikasi android dan aplikasi bervirus ini tidak dapat terdeteksi oleh keamanan.

Penjahat dunia maya terus berinovasi untuk menciptakan virus yang dapat menimbulkan kerusakan dan pencurian data di dunia digital yang semakin maju.

Faktanya, mereka telah menemukan teknik untuk melewati langkah-langkah keamanan yang dirancang untuk melindungi perangkat kita.

Salah satu masalah yang harus diwaspadai orang adalah ketersediaan malware yang bahkan dapat lulus pengujian anti-virus pada perangkat smartphone.

Cara Virus Malwer Dapat Lolos Dari Keamanan

Menurut studi BleepingComputer, peneliti keamanan siber di Joe Security menemukan bahwa malware dapat menyusup ke perangkat melalui APK atau Paket Android.

Hal ini terjadi karena APK memiliki teknik kompresi yang tidak diketahui, sehingga menyulitkan peneliti untuk mengevaluasi konten APK yang sebenarnya.

Karena skema kompresi yang tidak diketahui ini, bahkan alat anti-virus menjadi tidak efektif dalam mengidentifikasi keberadaan infeksi ini.

Karena penemuan ini, program jahat ini sekarang dapat berjalan normal di smartphone Android versi 9 ke atas.

peneliti Zimperium telah membuktikan bahwa lebih dari 3000 APK Android telah menggunakan metode serupa untuk menghindari pemeriksaan keamanan.

Aplikasi PlayStore Aman

Namun, ada beberapa kabar baik dalam kasus ini. Aplikasi jenis ini belum tersedia di Play Store, menyiratkan bahwa aplikasi tersebut didistribusikan melalui metode alternatif.

Meskipun ini berarti aplikasi dari lini Play Store resmi mungkin aman, ini juga menunjukkan bahwa malware ini sulit dideteksi karena kemampuannya untuk mengakali sistem keamanan yang ada.

Cara Mencegah Malwer

Tindakan pencegahan sangat penting untuk pengguna rata-rata. Hindari menginstal APK dari sumber yang tidak dikenal selain Play Store, karena ini dapat memungkinkan malware menyusup ke ponsel cerdas Anda.

Penting juga untuk menghapus aplikasi yang mencurigakan dan menggunakan program anti-virus untuk menentukan apakah perangkat Anda terkontaminasi malware.

Di zaman ketika teknologi menjadi semakin kompleks, memahami ancaman keamanan digital sangatlah penting.

Kami dapat melindungi perangkat kami dari serangan malware dan mengamankan data pribadi kami dengan mengambil langkah-langkah yang diperlukan.

Diera Digital ini kita harus tetap waspada dan berhati hati dalam menjaga keamanan pribadi dalam dokumen digital, karna kejahatan dunia maya kini semakin marak.(*)