Trump Beri Lampu Hijau, Militer Turki Siap Serang Kurdi

PARA pejabat Amerika Serikat (AS) dan Kurdi pada Selasa (8/10) malam mengatakan bahwa mereka memperkirakan Turki akan melancarkan serangan besar ke Suriah timur laut dalam 24 jam ke depan, setelah Presiden AS Donald Trump tampak memberi Ankara lampu hijau untuk memulai operasi militer.

Persiapan itu datang seiring pemerintah AS berusaha untuk menarik pengumuman mengejutkan Trump pada Minggu (6/10), setelah panggilan telepon dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, di mana Trump memerintahkan penarikan pasukan AS dari perbatasan dengan Turki, yang membuka jalan bagi Ankara untuk bergerak maju dan berpotensi melancarkan serangan terhadap sekutu Amerika, Kurdi.

Para pejabat Departemen Luar Negeri AS mengatakan kepada para pemimpin Kurdi pada Selasa (8/10), bahwa setiap serangan Turki akan dibalas dengan sanksi ekonomi dan politik yang keras, Bassam Saker, perwakilan Dewan Demokratik Suriah (SDC) untuk Amerika Serikat, mengatakan kepada Foreign Policy.

SDC adalah lengan politik Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS, yang sebagian besar adalah milisi Kurdi yang bertanggung jawab untuk membebaskan Suriah timur laut dari ISIS.

Namun tampaknya Turki belum tergerak oleh ancaman sanksi AS. Para pejabat Turki memberi tahu Kedutaan AS bahwa operasi militer Turki akan dimulai dalam satu hari, seorang pejabat senior pemerintah AS mengatakan kepada Foreign Policy pada Selasa (8/10) malam. Dua pejabat Kurdi mengkonfirmasi jadwal tersebut. Sementara itu, Turki mulai menembaki pos perbatasan SDF pada hari sebelumnya.

“Wilayah perbatasan NE #Syria berada di tepi kemungkinan bencana kemanusiaan,” kata Jenderal Mazloum Kobani, Komandan SDF, dalam sebuah unggahan Twitter. “Serangan ini akan menumpahkan darah ribuan warga sipil tak berdosa.”

Para pejuang Kurdi bergerak ke utara menuju perbatasan “dalam jumlah yang signifikan,” kata pejabat senior pemerintah, meninggalkan sedikit pasukan untuk menjaga penjara di seluruh negara yang dipenuhi dengan pejuang ISIS dan menangkis sisa-sisa kelompok teroris tersebut.

Memang, ISIS pada Selasa (8/10) melakukan beberapa bom bunuh diri di posisi-posisi SDF di kota Raqqa, menurut kelompok itu.

Serangan Turki yang akan datang itu digerakkan seiring para pejabat pemerintah AS mencoba meremehkan perubahan kebijakan Trump. Selama pertemuan antara Departemen Luar Negeri AS dan perwakilan SDC, para pejabat AS menekankan bahwa pernyataan pada Minggu (6/10) itu bukan “lampu hijau” bagi Turki untuk menyerang, kata Saker.

Komentar tersebut mencerminkan upaya pemerintah untuk mengklarifikasi serangkaian twit Trump sejak Minggu (6/10) malam, termasuk satu twit di mana Trump tampak bersemangat untuk meyakinkan para kritikus—termasuk banyak rekan Republik-nya—bahwa ia tidak menyerah pada tuntutan Erdogan.

Dalam twit itu, Trump berjanji untuk “benar-benar menghancurkan dan melenyapkan Ekonomi Turki” jika Ankara “melakukan apa pun yang menurut saya—dalam kebijaksanaan saya yang agung dan tak tertandingi—dianggap terlarang.”

Di hari Minggu, 28 Januari 2018, pejuang Suriah pro-Turki dan tentara Turki mengamankan bukit Bursayah, yang memisahkan daerah kantong Afrin yang dikuasai Kurdi dari kota yang dikuasai Turki, Azaz, Syria. (Foto: AP Photo, File)

Sementara itu, muncul laporan bahwa SDF sedang mempertimbangkan bermitra dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad melawan pasukan Turki. Assad telah mendekati suku Kurdi dalam beberapa hari terakhir, satu sumber Suriah mengatakan.

Seorang pejabat senior pemerintah AS berusaha untuk meredam twit awal Trump dalam panggilan telepon dengan para wartawan pada Senin (7/10) malam, mengatakan bahwa Trump memutuskan untuk memindahkan “50 hingga 100” operator khusus AS di dekat perbatasan keluar dari area tersebut, sehingga mereka tidak akan berada dalam bahaya jika pertarungan pecah antara Turki dan Kurdi.

“Bagi siapa pun yang menggambarkan fakta bahwa keputusan presiden yang berhati-hati untuk memastikan bahwa tentara, pelaut, penerbang, dan marinir kita aman, sebagai lampu hijau untuk pembantaian, sangat tidak bertanggung jawab dan tidak sesuai dengan kenyataan situasi,” kata seorang pejabat senior pemerintah kepada para wartawan saat panggilan telepon pada Senin (7/10).

Ketika ditanya apakah perwakilan dari Pentagon atau Komando Pusat AS telah berbicara dengan rekan-rekan Kurdi mereka tentang situasi tersebut, seorang juru bicara Departemen Pertahanan AS mengatakan kepada Foreign Policy, “kami sedang berkomunikasi erat dengan mitra Koalisi kami, dengan fokus khusus pada mereka yang memiliki ekuitas di Suriah.”

Pemerintah Turki pada Selasa (8/10) menanggapi ancaman Trump untuk menjatuhkan sanksi pada ekonomi Turki yang sudah rapuh jika terjadi serangan terhadap Kurdi. Dalam pidato di sebuah universitas di Ankara, Wakil Presiden Turki Fuat Oktay mengatakan bahwa negaranya “tidak akan bereaksi terhadap ancaman.”

Sejak pengumuman pada Minggu (6/10) malam, Trump dan berbagai lembaga pemerintah AS telah mengirimkan sinyal yang saling bertentangan. Senin (7/10) pagi, Trump menekankan keputusannya untuk menarik pasukan AS dari perbatasan, mengakui peran Kurdi dalam perang melawan ISIS, tetapi mengatakan bahwa mereka “dibayar sejumlah besar uang dan peralatan untuk melakukannya.”

Namun kemudian pada Selasa (8/10), ia tampak melunakkan pendiriannya, menulis di twitternya, “Kami mungkin sedang dalam proses meninggalkan Suriah, tetapi kami sama sekali tidak meninggalkan Kurdi, yang merupakan orang-orang istimewa dan pejuang yang hebat.”

Namun, ia juga memuji Turki, yang telah berulang kali mengancam akan memusnahkan Kurdi, sebagai “mitra dagang besar” dan “anggota penting di NATO”.

Saker mengatakan, dia percaya bahwa Departemen Luar Negeri dan Kongres AS menentang invasi Turki ke timur laut Suriah. Memang, anggota parlemen dari kedua partai telah secara terbuka mengkritik keputusan Trump dan berjanji untuk menjatuhkan sanksi pada Turki jika Ankara menyerang Kurdi.

Senator Republik Lindsey Graham—yang biasanya salah satu pendukung paling vokal presiden—mengatakan bahwa langkah itu adalah “kemenangan besar bagi Iran dan Assad, kemenangan besar bagi ISIS,” dan berjanji untuk melakukan segala upaya untuk memberi sanksi kepada Turki “jika mereka melangkahkan satu kaki di timur laut Suriah.”

Turki telah lama menolak dukungan AS untuk SDF, yang bertanggung jawab untuk membebaskan Suriah timur laut dari ISIS dan saat ini menjaga ribuan pejuang kelompok militan di penjara-penjara di seluruh negeri. SDF sebagian besar adalah kelompok pejuang Kurdi yang dipandang Ankara sebagai cabang dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang telah melancarkan pemberontakan tiga dekade di Turki.

Sekarang di saat pasukan AS tidak lagi menghalangi operasi Turki, SDC khawatir Ankara akan meluncurkan kampanye berdarah untuk memusnahkan populasi Kurdi di Suriah timur laut, seperti yang terjadi tahun lalu ketika Turki menyerang kota Afrin di barat laut.

Erdogan juga telah mengusulkan pemukiman kembali jutaan pengungsi Suriah, termasuk yang berasal dari komunitas Arab, di daerah perbatasan timur laut—sebuah langkah yang dikhawatirkan para ahli dapat merusak keseimbangan etnis di wilayah historis Kurdi.

Jeremy Konyndyk—seorang rekan senior di Center for Global Development dan mantan pejabat senior pemerintahan Obama—mengatakan bahwa proposal itu bertentangan dengan hukum internasional.

“Di seluruh Suriah Utara, ratusan ribu orang yang terlantar dan terkena dampak konflik yang selamat dari kengerian era (ISIS) sekarang akan menghadapi risiko kekerasan baru antara pasukan Turki dan SDF,” kata Konyndyk. “Turki juga dapat menggunakan zona tersebut sebagai alasan untuk mengusir tanpa sengaja ribuan pengungsi Suriah yang telah menemukan keselamatan di dalam Turki—yang dilarang oleh hukum internasional.”

Lara Seligman adalah staf penulis di Foreign Policy.

Tinggalkan Balasan