Terungkap! Isi Percakapan yang Bikin Trump Mau Dimakzulkan

WASHINGTON-Gedung putih akhirnya merilis transkrip percakapan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Transkrip tersebut membuat Trump dan Zelensky mendapat sorotan. CNN memberitakan hampir seluruh anggota parlemen AS dari kubu Demokrat telah menyatakan dukungan atas penyelidikan pemakzulan Trump.

Transkrip percakapan telepon Trump dengan Zelensky dirilis pada Rabu, 25 September 2019, waktu setempat. Percakapan telepon terjadi pada 25 Juli 2019. Dalam dokumen tersebut tertera peringatan bahwa transkrip tidak dalam format verbatim (kata per kata). Dokumen tersebut dirilis atas perintah Trump. Trump optimistis transkrip akan membuktikan bahwa tudingan yang dialamatkan kepadanya tidak benar.

Trump dituding mendesak Ukraina menginvestigasi kasus korupsi di negeri tersebut yang melibatkan Joe Biden, mantan wakil presiden AS yang berpotensi menjadi rival politiknya pada Pemilu AS 2020, serta putranya Hunter. Desakan tersebut dengan ancaman pembekuan dana bantuan kepada angkatan bersenjata Ukraina. Tudingan ini bergulir setelah adanya laporan dari whistleblower di kalangan intelijen AS soal percakapan yang tidak sesuai.

Lantas, apa isi percakapan Trump dan Zelensky? Berikut adalah isi lengkap dari transkrip pembicaraan Trump dengan Zelensky yang dikeluarkan oleh Gedung Putih, dikutip dari The independent.

Trump:Selamat atas kemenangan besarnya. Kami semua menyaksikan dari Amerika Serikat dan Anda melakukan pekerjaan yang luar biasa. Cara Anda datang dari belakang, seseorang yang tidak diberi banyak kesempatan, dan Anda akhirnya menang dengan mudah. Ini pencapaian yang fantastis. Selamat.

Zelensky:Anda benar sekali, Tuan Presiden. Kami memang menang besar dan kami bekerja keras untuk ini. Kami banyak bekerja, tetapi saya ingin mengakui kepada Anda bahwa saya memiliki kesempatan untuk belajar dari Anda. 
Kami menggunakan beberapa keterampilan dan pengetahuan Anda dan dapat menggunakannya sebagai contoh untuk pemilihan kami dan ya benar bahwa ini adalah pemilihan yang unik. Kami berada dalam situasi yang unik sehingga kami dapat mencapai kesuksesan yang unik. 
Saya dapat memberi tahu Anda hal berikut; pertama kali, Anda menelepon saya untuk memberi selamat ketika saya memenangkan pemilihan presiden, dan kedua kalinya Anda menelepon saya ketika partai saya memenangkan pemilihan parlemen. Saya pikir saya harus lebih sering memenangkan pemilihan sehingga Anda dapat menelepon saya lebih sering dan kita dapat berbicara melalui telepon lebih sering.

Trump (tertawa):Itu ide yang sangat bagus. Saya pikir negara Anda sangat senang akan hal itu.

Zelensky:Ya, sejujurnya, kami berusaha bekerja keras karena kami ingin mengeringkan rawa di sini di negara kami. Kami mendatangkan banyak orang baru. Bukan politisi lama, bukan politisi biasa, karena kami ingin memiliki format baru dan tipe pemerintahan baru. Anda adalah guru yang hebat bagi kami dan dalam hal itu.

Trump: Ya, Anda baik sekali mengatakan itu. Saya akan mengatakan bahwa kami melakukan banyak hal untuk Ukraina. Kami menghabiskan banyak usaha dan banyak waktu. Jauh lebih banyak daripada yang dilakukan negara-negara Eropa dan mereka seharusnya lebih membantu Anda daripada yang mereka lakukan sekarang. 
Jerman hampir tidak melakukan apa pun untuk Anda. Yang mereka lakukan adalah berbicara dan saya pikir itu sesuatu yang harus Anda tanyakan kepada mereka. Ketika saya berbicara dengan (Kanselir Jerman) Angela Merkel, dia berbicara di Ukraina, tetapi dia tidak melakukan apa-apa. 
Banyak negara Eropa melakukan cara yang sama, jadi saya pikir ini adalah sesuatu yang ingin Anda lihat, tetapi Amerika Serikat sangat baik pada Ukraina. Saya tidak akan mengatakan bahwa itu saling menguntungkan karena hal-hal yang terjadi tidak baik tetapi Amerika Serikat sangat baik pada Ukraina.

Foto: REUTERS/Jonathan Ernst

Zelensky:Ya Anda benar sekali. Tidak hanya 100%, tetapi sebenarnya 1000% dan saya dapat memberi tahu Anda hal berikut; Saya memang berbicara dengan Angela Merkel dan saya bertemu dengannya. Saya juga bertemu dan berbicara dengan (Presiden Perancis Emanuel) Macron dan saya mengatakan kepada mereka bahwa mereka tidak melakukan sebanyak yang mereka perlu lakukan pada masalah sanksi. 
Mereka tidak memberlakukan sanksi. Mereka tidak bekerja sebanyak mereka seharusnya bekerja untuk Ukraina. Ternyata meskipun secara logis, Uni Eropa harus menjadi mitra terbesar kami tetapi secara teknis Amerika Serikat adalah mitra yang jauh lebih besar daripada Uni Eropa dan saya sangat berterima kasih kepada Anda untuk itu karena Amerika Serikat melakukan cukup banyak untuk Ukraina. 
Lebih daripada Uni Eropa terutama ketika kita berbicara tentang sanksi terhadap Federasi Rusia. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan Anda yang luar biasa di bidang pertahanan. Kami siap untuk terus bekerja sama untuk langkah selanjutnya khususnya kami hampir siap untuk membeli lebih banyak lembing dari Amerika Serikat untuk tujuan pertahanan.

Trump:Saya ingin Anda membantu kami karena negara kami telah melalui banyak hal dan Ukraina tahu banyak tentang itu. Saya ingin Anda mencari tahu apa yang terjadi dengan seluruh situasi dengan Ukraina ini, kata mereka Crowdstrike … Saya kira Anda memiliki salah satu dari orang-orang kaya Anda … Server, mereka mengatakan Ukraina memilikinya. 
Ada banyak hal yang terjadi, seluruh situasi. Saya pikir Anda mengelilingi diri Anda dengan beberapa orang yang sama. Saya ingin Kejaksaan Agung menelepon Anda atau orang-orang Anda dan saya ingin Anda menyelesaikannya. 
Seperti yang Anda lihat kemarin, omong kosong itu berakhir dengan kinerja yang sangat buruk oleh seorang pria bernama Robert Mueller, kinerja yang tidak kompeten, tetapi mereka mengatakan banyak dari itu dimulai dengan UkrainaApa pun yang dapat Anda lakukan, sangat penting bagi Anda untuk melakukannya jika memungkinkan.

Zelensky:Ya itu sangat penting bagi saya dan semua yang baru saja Anda sebutkan sebelumnya. Bagi saya sebagai presiden, ini sangat penting dan kami terbuka untuk kerjasama di masa depan. Kami siap membuka halaman baru tentang kerja sama dalam hubungan antara Amerika Serikat dan Ukraina. 
Untuk tujuan itu, saya baru saja menarik duta besar kami dari Amerika Serikat dan dia akan digantikan oleh duta besar yang sangat kompeten dan sangat berpengalaman yang akan bekerja keras untuk memastikan bahwa kedua negara kita semakin dekat. Saya juga ingin dan berharap melihat dia mendapatkan kepercayaan Anda dan memiliki hubungan pribadi dengan Anda sehingga kita dapat bekerja sama lebih lagi. 
Saya pribadi akan memberi tahu Anda bahwa salah satu asisten saya baru-baru ini berbicara dengan Tuan Giuliani (Rudy Giuliani, Pengacara pribadi Trump) dan kami sangat berharap Tuan Giuliani dapat melakukan perjalanan ke Ukraina dan kami akan bertemu setelah dia datang ke Ukraina. Saya hanya ingin meyakinkan Anda sekali lagi bahwa Anda tidak memiliki siapa pun selain teman di sekitar kita.
Saya akan memastikan bahwa saya mengelilingi diri saya dengan orang-orang terbaik dan paling berpengalaman. Saya juga ingin memberi tahu Anda bahwa kita adalah teman. Kita adalah teman baik dan Anda Bapak Presiden memiliki teman di negara kami sehingga kami dapat melanjutkan kemitraan strategis kami. Saya juga berencana untuk mengelilingi diri saya dengan orang-orang hebat dan selain penyelidikan itu, saya jamin sebagai Presiden Ukraina bahwa semua penyelidikan akan dilakukan secara terbuka dan jujur. Bahwa saya dapat meyakinkan Anda.

Trump:Bagus karena saya mendengar Anda memiliki seorang jaksa yang sangat baik dan dia dipecat dan itu benar-benar tidak adil. Banyak orang membicarakan hal itu, cara mereka memecat jaksa Anda yang sangat baik dan Anda melibatkan beberapa orang yang sangat jahat. Mr Giuliani adalah pria yang sangat dihormati. 
Dia adalah walikota New York City, walikota yang hebat, dan saya ingin dia menelepon Anda. Saya akan memintanya untuk menelepon Anda bersama dengan Jaksa Agung. Rudy sangat tahu apa yang terjadi dan dia orang yang sangat cakap. Jika Anda bisa berbicara dengannya itu akan menjadi luar biasa. 
Mantan duta besar Amerika Serikat, wanita itu, adalah berita buruk dan orang-orang yang dihadapinya di Ukraina adalah berita buruk, jadi saya hanya ingin memberi tahu Anda soal itu. Hal lain, ada banyak pembicaraan tentang putra Biden, bahwa Biden menghentikan penuntutan dan banyak orang ingin mengetahuinya sehingga apa pun yang dapat Anda lakukan dengan Jaksa Agung akan bagus. Biden berkeliling sambil menyombongkan diri bahwa dia menghentikan penuntutan jadi jika Anda bisa melihatnya … Kedengarannya mengerikan bagiku.

Zelensky:Saya ingin memberi tahu Anda tentang jaksa penuntut. Pertama-tama saya mengerti dan saya memiliki pengetahuan tentang situasinya. Karena kami telah memenangkan mayoritas absolut di Parlemen kami; jaksa penuntut umum berikutnya adalah 100% orang saya, kandidat saya, yang akan disetujui oleh parlemen dan akan mulai sebagai jaksa penuntut baru pada bulan September. 
Dia akan melihat situasi, khususnya ke perusahaan yang Anda sebutkan dalam masalah ini. Masalah investigasi kasus sebenarnya adalah masalah memastikan untuk mengembalikan kejujuran sehingga kami akan menanganinya dan akan bekerja pada penyelidikan kasus tersebut. Selain itu, saya dengan hormat akan bertanya kepada Anda jika Anda memiliki informasi tambahan yang dapat Anda berikan kepada kami, akan sangat membantu investigasi untuk memastikan bahwa kami mengelola keadilan di negara kami sehubungan dengan Duta Besar untuk AS dari Ukraina sejauh yang saya ingat namanya adalah Ivanovich. 
Sangat menyenangkan bahwa Anda adalah orang pertama yang mengatakan kepada saya bahwa dia adalah duta besar yang buruk karena saya setuju dengan Anda 100%. Sikapnya terhadap saya jauh dari sikap terbaik ketika dia mengagumi Presiden sebelumnya dan dia berada di pihaknya. Dia tidak akan menerima saya sebagai Presiden baru dengan cukup baik.

Trump:Ya, dia akan melalui beberapa hal. Saya akan meminta Tuan Giuliani menelepon Anda dan saya juga akan meminta Jaksa Agung (William) Barr menelepon dan kami akan membahasnya. Saya yakin Anda akan mengetahuinya. Saya mendengar jaksa diperlakukan sangat buruk dan dia adalah jaksa yang sangat adil, jadi keberuntungan untuk semuanya. Ekonomi Anda akan menjadi lebih baik dan lebih baik, saya perkirakan. Anda memiliki banyak aset. Sebuah negara yang hebat. Saya punya banyak teman Ukraina,mereka orang yang luar biasa.

Zelensky:Saya ingin memberi tahu Anda bahwa saya juga memiliki beberapa temanUkraina yang tinggal di Amerika Serikat. Sebenarnya terakhir kali saya bepergian ke Amerika Serikat, saya tinggal di New York dekat Central Park dan saya tinggal di Trump Tower. Saya akan berbicara dengan mereka dan saya berharap untuk melihat mereka lagi di masa depan. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas undangan Anda untuk mengunjungi Amerika Serikat, khususnya Washington DC. 
Di sisi lain, saya juga ingin memastikan kepada Anda bahwa kami akan sangat serius tentang kasus ini dan akan bekerja dalam penyelidikan. Mengenai ekonomi, ada banyak potensi bagi kedua negara kita dan salah satu masalah yang sangat penting bagi Ukraina adalah kemandirian energi. 
Saya percaya kita bisa sangat sukses dan bekerja sama dalam kemandirian energi dengan Amerika Serikat. Kita sudah mengerjakan kerja sama. Kami membeli minyak Amerika tetapi saya sangat berharap untuk pertemuan di masa depan. Kami akan memiliki lebih banyak waktu dan lebih banyak peluang untuk membahas peluang-peluang ini dan saling mengenal dengan lebih baik. Saya ingin mengucapkan terima kasih banyak atas dukungan Anda.

Trump:Bagus. Terima kasih banyak dan saya hargai itu. Saya akan memberi tahu Rudy dan Jaksa Agung Barr untuk menelepon. Terima kasih. Kapan pun Anda ingin datang ke Gedung Putih, jangan ragu untuk menelepon. Beri kami tanggal dan kami akan menyelesaikannya. Saya berharap dapat melihat Anda.

Zelensky:Terima kasih banyak. Saya akan sangat senang datang dan akan senang bertemu dengan Anda secara pribadi dan mengenal Anda lebih baik. Saya menantikan pertemuan kami dan saya juga ingin mengundang Anda untuk mengunjungi Ukraina dan datang ke kota Kyiv yang merupakan kota yang indah. Kami memiliki negara yang indah yang akan menyambut Anda. Di sisi lain, saya ingat bahwa pada 1 September kita akan berada di Polandia dan kita bisa bertemu di Polandia semoga. Setelah itu, mungkin ide yang bagus untuk Anda bepergian ke Ukraina. Kita bisa naik pesawat dan pergi ke Ukraina atau kita bisa naik pesawat, yang mungkin jauh lebih baik daripada milikku.

TrumpOke, kita bisa melakukannya. Saya berharap dapat melihat Anda di Washington dan mungkin di Polandia karena saya pikir kita akan berada di sana pada waktu itu.

Zelensky:Terima kasih banyak, Tuan Presiden.

TrumpSelamat atas pekerjaan luar biasa yang telah Anda lakukan. Seluruh dunia sedang menonton. Saya tidak yakin itu sangat mengecewakan tetapi selamat.

Zelensky: Terima kasih Tuan Presiden, sampai jumpa.

Tinggalkan Balasan