Sempat Dikira Wali Kota Malang, Pria yang Cium Kaki Warga Papua dalam Video Viral

MALANG-Lagi-lagi cerita Papua. Sebuah video yang memperlihatkan seorang berpakaian batik kuning bercorak lambang Burung Garuda menjadi viral. Sebab dalam video tersebut, pria itu bersalaman dan kemudian mencium kaki warga Papua. Akun Rudy Taryanto memberikan caption bahwa pria itu adalah Walikota Malang, Sutiaji.

Namun, saat ini, unggahan tersebut sudah tidak bisa ditemukan.

Viral Pria Cium Kaki Warga Papua

Sebuah video yang menunjukkan seorang pria mencium kaki warga Papua, jadi viral. Akun Rudy Taryanto menyebut pria itu adalah Walikota Malang. Setelah ditelusuri, informasi yang diberikan adalah salah. Berikut klarifikasi dan sosok yang berlutut mencium kaki warga Papua sebenarnya : https://sebabut.com/hoax-walikota-malang-cium-kaki-warga-papua/Dikirim oleh Bamsrudi.com pada Sabtu, 07 September 2019

Benarkah pria pada video itu adalah Wali Kota Malang Sutiaji seperti disebutkan si pengunggah?

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Malang, Muhammad Nur Widianto telah membantahnya.

Ia mengatakan, pria pada video itu bukan Wali Kota Malang. “Tidak benar itu. Kalau orang Malang pasti tahu kalau itu bukan Pak Wali Kota,” kata Widianto saat dihubungi, Senin (9/9/2019). Widianto menegaskan, Pemkot Malang tidak pernah mengadakan acara itu.

Pihaknya juga tidak tahu menahu soal pria yang ada dalam video tersebut. Sementara itu, pria pada video itu diketahui adalah Penanggung Jawab Aliansi Relawan Jokowi (ARJ) Haidar Alwi.

Ia mengatakan, peristiwa yang terekam pada video terjadi saat diskusi Gerakan Nasional Perempuan Pembawa Kerukunan dan Perdamaian yang berlangsung pada Rabu (4/9/2019) di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta.

“Iya benar itu saya, spontanitas saja. Saat itu kan acara Perbangsa, saya sebagai pembicara saat itu,” kata Haidar saat dihubungi, Senin (9/9/2019). Haidar menyebutkan, acara diskusi itu dihadiri oleh beberapa ibu asal Papua yang anaknya tengah menempuh pendidikan di Jakarta. (*)

Tinggalkan Balasan