Panduan Wisata Kuliner di Tegal, Menjelajahi Citarasa Makanan Kota Bahari

TEGAL, BERITARADAR.COM – Tegal bukan hanya soal wisata saja, melainkan ragam wisata kuliner di Tegal yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan.

Kota ini merupakan surga bagi wisata kuliner di Tegal dan lokasinya yang strategis di jalur mudik Pantura membuatnya menjadi tempat persinggahan yang sempurna untuk istirahat dan menjelajahi berbagai hidangan lezat.

Di Tegal, Anda akan menemukan citarasa yang lebih gurih dan asin bagi wisata kuliner di Tegal.

Salah satu minuman khas Tegal yang terkenal adalah teh poci. Mari kita cari tahu di mana saja tempat wisata kuliner yang enak di Tegal yang dapat Anda nikmati bersama teh poci ini.

Daftar Tempat Wisata Kuliner di Tegal

1. Warung Pi’an – Aneka Masakan Nikmat

Kuliner di warung Pi’an berlokasi di Jl. Kolonel Sudiarto, Slerok, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal.

Warung Pi’an yang terletak dekat Stasiun Tegal ini adalah tempat yang legendaris dengan sejarah puluhan tahun. Warung sederhana ini dengan deretan kursi panjang dan meja kayu akan membawa Anda kembali ke masa lalu.

Menu andalannya adalah Nasi Lengko, sepiring nasi dengan tambahan potongan tempe, tahu, taoge, dan timun yang disiram dengan saus kacang pedas.

2. Warung Makan Moro Tresno – Sauto Tegal

Berlokasi di Pasar Senggol Tegal, Jl. KH. Mansyur, Mangkukusuman, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal.

Warung makan Sauto Tegal yang setara dengan soto, memiliki tampilan yang keruh dengan tambahan touge (kecambah). Warung Makan Moro Tresno adalah salah satu tempat terkenal untuk menikmati Sauto Tegal yang lezat.

3. Kupat Glabed Pak Machali

kuliner yang satu ini terletak di Randugunting, Kec. Tegal Selatan, Kota Tegal.

Kupat Glabed memiliki tampilan mirip dengan lontong opor dengan kuah kuningnya yang kental berbahan santan dan rasanya gurih. Kupat Glabed Pak Machali adalah salah satu tempat legendaris yang sudah ada sejak lama di Tegal.

4. Rujak Tamplak – Makanan Khas Sederhana dari Tegal

Berlokasi di Jl. Letjen. Suprapto No.77-89, Kraton, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal.

Rujak Tamplak adalah hidangan khas Tegal yang terdiri dari aneka sayuran yang direbus seperti daun pepaya, daun lembayung, kangkung, daun ubi, semanggi, dan taoge. Ciri khasnya terletak pada sambal gaul yang pedas, terbuat dari singkong.

5. Sate Mendo Wendy’s

Kuliner sate yang satu ini lokasinya berada di Tegalsari, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal.

Sate Tegal terkenal dengan tekstur daging yang lembut dan tidak berbau. Salah satu tempat yang terkenal dengan Sate Tegal enak adalah Sate Mendo Wendy’s.

6. Ikan Bakar Mekar Tegal

Lokasinya di Jl. Kapten Piere Tendean No.43, RT.05/RW.07, Tegalsari, Kec. Tegal Barat, Kota Tegal.

Tegal yang dikenal sebagai Kota Bahari, menawarkan beragam hidangan olahan ikan. Rumah Makan Mekar Tegal adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati ikan bakar dan hidangan seafood lainnya.

7. Bakso Rudal Tegal

Bagi pecinta bakso wajib sih kesini untuk menikmati bakso jumbo yang lokasinya di Jl. KS. Tubun Kelurahan No.115, Debong Tengah, Kec. Tegal Selatan, Kota Tegal.

Bakso Rudal terkenal dengan ukuran besar sebesar bola tenis. Isian baksonya meliputi daging cincang halus, mie, bihun, toge, daun bawang, dan bawang goreng.

8. Tahu Murni Putra

Lokasinya berada di Jl. AR. Hakim No.100, Mangkukusuman, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal.

Tahu Murni Putra menawarkan berbagai olahan tahu seperti tahu aci, tahu pletok, kerupuk tahu, tahu royal, dan pepes tahu dengan citarasa gurih, lembut, dan pedas.

9. Iga Bakar Valentina

tempat makan iga bakar ini berlokasi di Jl. Waringin No.35, Kelurahan Mintaragen, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal.

Iga Bakar Valentina adalah hidangan khas Tegal yang terkenal dengan tekstur iga yang sangat empuk. Hidangan ini sangat direkomendasikan untuk dicoba.

Dengan rekomendasi daftar wisata kuliner di Tegal ini, Anda dapat menjelajahi berbagai hidangan lezat di Tegal dan merasakan kekayaan kuliner kota ini yang unik.

Selamat menikmati petualangan kuliner Anda di “Kota Warteg” dan “Kota Bahari” ini!