Minuman Hangat, 6 Rekomendasi Tempat Wedangan Populer di Solo

SOLO, BERITARADAR.COM –  Solo salah satu kota terbesar di Pulau Jawa bagian selatan, sering disebut sebagai “The Spirit of Java” (Semangat Jawa). Julukan ini sangat pantas untuk kota Solo karena kota ini mempertahankan budaya tradisional dan warisan sejak zaman dahulu. Kota Solo menawarkan berbagai hal menarik untuk dijelajahi salah satunya tempat wedangan di Solo.

Dalam konteks budaya, kuliner memiliki peran penting dalam identitas sebuah daerah di Indonesia. Seperti halnya di Yogyakarta yang dikenal dengan angkringan sebagai tempat makan murah yang memupuk hubungan sosial, Solo memiliki tempat wedangan sebagai tongkrongan favorit anak muda.

Tempat Wedangan di Solo yang biasanya terkenal dengan minuman para orang tua namun berbeda saat ini, karena tempat wedangan di Solo menjadi salah satu tempat nongkrong berbagai kalangan.

Desain yang klasik kontenporer menjadikan tempat wedangan di Solo ini menjadi salah satu daya tarik para pengunjung yang datang

Berikut Tempat Wedangan di Solo yang Patut untuk Anda Kunjungi

1. Wedangan Pendhopo

Wedangan biasanya terletak di pinggir jalan dengan gerobak dan tikar sederhana untuk pengunjung. Namun, Wedangan Pendhopo memiliki keunikan tersendiri. Tersembunyi di dalam sebuah rumah yang terlihat seperti rumah Jawa kuno dengan jendela besar dan pintu berwarna hijau.

Interior Wedangan Pendhopo dipenuhi nuansa Jawa yang kental, dengan dekorasi dinding kuno dan lampu gantung yang menciptakan atmosfer yang sangat Jawa. Meskipun makanannya sederhana, rasanya tetap autentik. Alamat: Jl. Srigading I No. 7, Mangkubumen, Banjarsari, Kota Surakarta. Jam buka mulai darin Senin – Sabtu pukul 18.00 WIB – 24.00 WIB.

2. Wedangan Cangkir Blirik

Wedangan Cangkir Blirik mengusung konsep Jawa tempo dulu dengan bangunan rumah joglo berbahan kayu, pintu gebyok, dan dekorasi interior khas rumah Jawa zaman dahulu. Lampu temaram yang menggantung menambahkan sentuhan Jawa kuno.

Makanan yang disajikan lezat dan terjangkau. Alamat: Jl. Banyuanyar Selatan No. 22B, Banyuanyar, Banjarsari, Kota Surakarta.

Adapun jam operasional dari wedang Cangkir tersebut dari Selasa – Minggu pada pukul 17.00 WIB – 24.00 WIB.

3. Wedangan Asri

Wedangan ini memiliki konsep sederhana dengan pilihan tempat duduk menggunakan kursi atau lesehan dengan tikar. Suasana kayu yang nyaman cocok untuk berkumpul bersama keluarga.

Lokasinya berada di jalan Diponegoro No. 9, Timuran, Banjarsari, Kota Surakarta dengan jam operasionalnya Minggu – Jumat pukul 17.00 WIB – 23.00 WIB.

4. Onah Omah Wedangan

Onah Omah Wedangan menggunakan konsep kedai, meskipun menyajikan menu seperti wedangan. Mereka menyediakan nasi kucing, sate telor, sate bakso, dan minuman. Selain hidangan khas wedangan, mereka juga memiliki menu spesial seperti iga srani, bubur tumpang, dan kebab. Harga yang terjangkau dan mengenyangkan.

Tepat lokasinya berada di Jl. Anggur V No. 6, Jajar, Laweyan, Kota Surakarta dan buka setiap hari Selasa – Minggu pukul 17.00 WIB – 23.00 WIB.

5. Wedangan Pak Basuki

Wedangan Pak Basuki adalah satu-satunya wedangan tradisional di Kota Solo yang mempertahankan konsep tradisional namun tetap menjaga kebersihan dengan meja dan kursi. Salah satu minuman terkenal di sini adalah jahenya yang manis, asam, dan hangat. Belokasi di Jl. Agus Salim No. 17, Sondakan, Laweyan, Kota Surakarta. Buka setiap hari dari pukul 17.00 WIB – 24.00 WIB.

6. WOW (Wedangan, Mie, n Coffee)

WOW Wedangan menggabungkan konsep tempat nongkrong kekinian dengan ciri khas wedangan. Tempatnya nyaman dengan kursi dan meja kayu, serta area semi-outdoor yang terbuat dari anyaman bambu.

Menu yang disajikan meliputi jajanan wedangan, makanan berat seperti nasi ayam geprek, dan berbagai jenis minuman segar. Harga yang terjangkau.

Wedangan WOW dengan alamat di Jl. Letjend Sutoyo No. 29, Cengklik, Nusukan, Kota Surakarta, menjalankan operasionalnya mulai pukul 16.00 WIB – 24.00 WIB.

Lokasi ini menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk menikmati suasana dan hidangan khas Solo di malam hari.

Inilah beberapa rekomendasi tempat wedangan di Kota Solo yang sempurna untuk menghabiskan waktu santai.

Nongkrong di Solo tidak memerlukan pengeluaran besar, namun dapat memperkuat ikatan persaudaraan dengan teman-teman. Mari ajak teman-teman Anda untuk bersantai di wedangan-wedangan Solo yang menarik ini!