Menikmati Kelezatan Kuliner Malam Surabaya, Lebih dari Hanya Rawon

CIREBON, BERITARADAR.COM – Sedang mencari rekomendasi kuliner malam Surabaya? Surabaya terkenal sebagai kota dengan tradisi kuliner yang unik.

Salah satu makanan khas paling terkenal dari kota ini adalah rawon. Bagi yang belum terbiasa, mungkin akan merasa aneh dengan hidangan rawon yang berkuah hitam. Padahal rawon adalah hidangan dengan rasa juara.

Kuliner Surabaya tidak sekadar rawon, ada banyak kuliner khas Kota Pahlawan ini yang layak untuk dicoba.

Sebut saja soto, nasi cumi, lontong kupang, bebek goreng, penyetan, seafood adalah beberapa kuliner unggulan dari Surabaya.

Bagi kamu yang sedang berkunjung ke Surabaya di malam hari, tak perlu khawatir untuk urusan kuliner.

Banyak warung legendaris yang buka di malam hari. Beberapa bahkan buka 24 jam. Jadi urusan perut aman sepanjang waktu di Surabaya.

Berikut Rekomendasi 10 Kuliner Malam Surabaya yang Wajib Kamu Coba:

1. Rawon Setan

Warung rawon yang sangat terkenal di Surabaya ini dinamai Rawon Setan, karena buka warungnya menjelang tengah malam. Warung ini mulai buka jam 22.00 dan tutup saat dini hari. Karena beroperasi saat larut malam tersebut, akhirnya diberi nama Rawon Setan.

Namun, Rawon Setan sekarang sudah mengubah jam operasionalnya buka lebih awal, meskipun tutupnya tetap menjelang tengah malam. Kelebihan dari kuliner malam Surabaya ini adalah menyajikan rawon dengan potongan daging sapi yang berukuran besar, tapi teksturnya tetap empuk. Warung ini terletak di bilangan Genteng, Surabaya.

  • Alamat: Jl. Embong Malang No.78/I, Genteng, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam operasional: Senin-Minggu, 08.00-23.00.
  • Kisaran harga menu: Harga per orang sekali makan sekitar Rp 30 ribu-Rp50 ribu.

2. Sego Sambel Mak Yeye

Sego sambel adalah salah satu hidangan khas Surabaya. Hidangan ini terbilang sederhana, yaitu berupa nasi putih dan sambal yang disajikan dengan lauk sesuai dengan selera pelanggan. Mirip dengan pecel lele sebenarnya.

Bedanya, sambal untuk hidangan sego sambel biasanya memiliki level pedas menyengat. Lauk yang disajikan paling umum adalah ikan pari, telur dadar, dan tempe goreng. Salah satu warung paling terkenal adalah Sego Sambel Mak Yeye yang sudah berdiri sejak 1982.

Kuliner malam Surabaya dengan sepiring nasi putih, sambal super pedas, dan ikan pari ini akan memberikan sensasi tak terlupakan.

  • Alamat: Jl. Jagir Wonokromo Wetan No. 12, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam operasional: Setiap hari, Pukul 21.00-04.00 WIB
  • Kisaran harga menu: Rp 35.000-Rp50.000/ per orang (untuk makanan dan minuman).

3. Nasi Bali Pengampon

Ingin cari nasi Bali di Surabaya? Jangan khawatir, cukup banyak warung yang menyediakan menu ini. Salah satu yang paling terkenal adalah Nasi Bali Pengampon yang nama warungnya diambil dari nama jalan tempat warung ini berada, yaitu Jalan Pengampon.

Nasi Bali yang disajikan di Surabaya adalah sajian nasi dengan lauk telur, tempe, tahu, dan daging yang dimasak dengan bumbu merah. Bila ingin menikmati sepiring nasi Bali di malam hari, segera meluncur ke Nasi Bali Pengampon di Jalan Pengampon.

  • Alamat: Jl. Pengampon Gang 1, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam operasional: Setiap hari, Pukul 21.00-02.00 WIB
  • Kisaran harga menu: Di bawah Rp 50.000 / per orang untuk makanan dan minuman.

4. Sup Buntut Gelora Pancasila

Ingin mencari hidangan segar di Surabaya di malam hari? Datang saja ke Sup Buntut Gelora Pancasila. Rumah makan ini adalah salah satu tempat yang menjual sup buntut paling terkenal di Surabaya.

Kamu dapat menikmati buntut bakar yang sangat empuk di rumah makan ini. Menu lain yang bisa dipesan adalah sup iga dan iga bakar. Potongan buntut atau iga sapi berukuran besar akan memuaskan makan malammu.

  • Alamat: Jl. Mayjen Sungkono No. 94B, Surabaya., Surabaya, Jawa Timur
  • Jam operasional: Setiap hari, Pukul 17.00-23.00 WIB
  • Kisaran harga menu: Rp 50.000/ per orang (untuk makanan dan minuman).

5. Bubur Ayam Mang Dudung: Kuliner Begadang

Pecinta bubur ayam yang tinggal di Surabaya atau sedang jalan-jalan ke kota ini wajib mencoba Bubur Ayam Mang Dudung. Kuliner malam Surabaya ini spesialis untuk orang yang begadang, karena baru buka pukul 23.00 dan beroperasi sampai subuh.

Seperti umumnya warung bubur, tempat makannya berupa gerobak di pinggir jalan dengan meja dan kursi seadanya. Meski sederhana, tapi penggemarnya luar biasa banyak. Jadi jangan kaget bila harus mengantre di warung bubur ini.

  • Alamat: Jalan Kedungdoro, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam operasional: Setiap hari, 23.00-04.00
  • Kisaran harga menu: Di bawah Rp 50 ribu/ per orang (untuk makanan dan minuman).

6. Yung Ho

Ingin makan malam menu restoran, khususnya Chinese food di Surabaya? Tenang saja, semua tersedia di Surabaya. Kamu bisa mendatangi Restoran Yung Ho di daerah Kertoarjo. Menu favorit restoran ini adalah bubur Taiwan dan susu kedelai.

Jika tidak ingin menyantap bubur, kamu bisa mencoba menu lain seperti ayam goreng, sup, dan aneka menu seafood. Ada banyak pilihan di restoran ini. Jam operasional resto ini cukup panjang yaitu dari pukul 07.00 sampai 02.00.

  • Alamat: Jl. HR. Muhammad No. 393 dan JL. Manyar Kertoarjo No. 34, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam operasional: Senin-Minggu, pukul 07.00-02.00 WIB.
  • Kisaran harga menu: Rp 50.000/ per orang (untuk makanan dan minuman).

7. Bebek Wachid Hasyim

Bebek goreng adalah hidangan favorit banyak orang. Bagi kamu pecinta pecinta hidangan bebek, rasanya wajib untuk mencoba bebek goreng di Surabaya. Kota ini memang termasuk salah satu gudang hidangan bebek.

Bila kamu bertanya di mana rekomendasi hidangan bebek di Surabaya, Bebek Wachid Hasysim harus masuk di dalamnya. Daging bebek di rumah makan ini terkenal empuk, lembut, dan gurih. Bumbunya gurihnya meresap sampai lapisan terdalam daging. Maknyus.

Bagaimana soal harga? Tak perlu khawatir. Harganya dibandrol mulai Rp20.000. Sangat murah bukan? Disajikan dengan nasi hangat, lalap, dan sambal, jangan kaget bila kamu tak puas dengan hanya satu porsi.

  • Alamat: Jl. Raya Jemursari, Jemur Wonosari, Kecamatan Wonocolo, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran harga menu: Rp 20.000-Rp40.000/ per orang (untuk makanan dan minuman).

8. Pecel Rawon Pucang

Ingin mencari kuliner malam Surabaya super unik yang tidak ada di tempat lain? Coba saja datang ke Pecel Rawon Pucang. Hidangan ini mengombinasikan dua jenis makanan yaitu pecel dan juga rawon.

Menu ini berupa sepiring nasi pecel yang disiram dengan kuah rawon. Bagi yang belum pernah mencoba, mungkin akan menganggap aneh hidangan ini. Tapi bila sudah mencoba, kamu mungkin akan ketagihan dan ingin datang lagi ke warung ini.

Pilihan lauknya cukup beragam yaitu, telur, ayam goreng, atau empal. Warung ini buka mulai jam 10 malam.

  • Alamat: Jl. Pucang Anom (depan Toko Kain Moro Seneng), Surabaya, Jawa Timur
  • Jam operasional: Setiap hari, Pukul 22.00-04.00 WIB
  • Kisaran harga menu: Rp 20.000-Rp40.000/orang untuk makanan dan minuman.

9. Pecel Ambulance Bu Hana

Salah satu hidangan yang terkenal di Jawa Timur adalah pecel. Di Surabaya tentu juga cukup mudah menemukan hidangan pecel. Rasa pecel Surabaya dan Jawa Timur pada umumnya biasanya lebih pedas dibanding pecel dari Jawa Tengah.

Nasi pecel biasa dikonsumsi untuk sarapan pagi. Namun, di Surabaya terdapat warung pecel yang bukanya justru menjelang tengah malam, yaitu mulai pukul 22.30. Kuliner malam Surabaya ini bernama Pecel Ambulance Bu Hana.

Nama tersebut dipilih karena di depan gerobak pecelnya memang terdapat sirine ambulance. Terlihat sedikit seram ya. Tapi jangan tanya soal rasa. Pedas gurihnya bikin nagih. Lauknya bervariasi, mulai dari bakwan jagung, telur bali, ayam goreng, dan masih banyak lagi.

  • Alamat: Jl. Kranggan No.15, Sawahan, Kec. Sawahan, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam operasional: Pukul 22.30- 04.00 WIB
  • Kisaran harga menu: Di bawah Rp 50.000/ per orang

10. Rawon Kalkulator

Lagi jalan-jalan di Taman Bungkul Surabaya dan ingin makan rawon? Tak perlu khawatir. kamu tinggal jalan ke Sentra PKL Taman Bungkul dan cari Warung Rawon Kalkulator. Warung ini sangat terkenal dengan cita rasa rawon yang gurih dan segar.

Potongan dagingnya yang besar juga menjadi daya tarik rawon di warung ini. Bagaimana soal harga? Tak perlu cemas, seporsi rawon dihargai mulai Rp20.000. Sangat murah. Jam buka warung ini cukup panjang, mulai pukul 11.00-03.00. Jadi, saat kelaparan di tengah malam pun kamu tetap bisa makan di warung ini.

  • Alamat: Sentral PKL Taman Bungkul, Jl. Raya Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam operasional: Pukul 11.00- 03.00 WIB
  • Kisaran harga menu: Rp 20.000-Rp40.000 / per orang (untuk makanan dan minuman).

Dengan banyaknya pilihan kuliner malam Surabaya yang lezat ini, pastikan untuk mencoba beberapa di antaranya selama kunjunganmu ke kota ini. Jadikan malammu di Surabaya semakin berkesan dengan menggoyang lidah dengan beragam hidangan lezat ini. (*)

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News