Bisa Dilipat ! Samsung Galaxy Z Flip 5 Hadir Dengan Layar Kecil Raksasa Tanpa Celah Segini Harganya

CIREBON,BERITARADAR.COM – Kini Telah Hadir Hp Lipat Samsung Galaxy Z Flip 5 Hadir Dengan Layar Kecil Raksasa Tanpa Celah.

Samsung Galaxy Z Flip 5 langsung mencuri perhatian saat pertama kali dipamerkan di panggung ‘Galaxy Unpacked‘ pekan lalu. Perubahan yang bikin kagum ¬†terletak pada layar sekunder (cover screen) jumbo berukuran 3,4 inci.

Inovasi tersebut menunjukkan keseriusan Samsung dalam mempertahankan posisinya sebagai market leader.

Apalagi, banyak pemain baru yang bermunculan sejak awal 2023, menyusul prediksi analis bahwa tren HP lipat akan tumbuh pesat dalam beberapa tahun ke depan.

Simak Ulasan Lengkap Tentang Samsung Galaxy Z Flip 5

Cover screen jumbo serba bisa

Selling point utama Galaxy Z Flip 5 memang terletak pada cover screen. Bukan cuma ukurannya yang lebih besar, fiturnya pun diperkaya untuk menyokong produktivitas sehari-hari.

Antarmukanya super simpel. Untuk menghidupkan cover screen dalam keadaan mati, cukup ketuk layar dua kali. Pengguna juga bisa mengubah tema cover screen sesuai kepribadian, hanya dengan menahan layar (hold).

Bahkan, font dan desain bisa diatur sedemikian rupa. Kebebasan dan kemudahan dalam memodifikasi tampilan menambah keseruan saat menjajal cover screen.

Akses ke widget dapat dilakukan dengan menggeser (swipe) atau mencubit (pinch in-out) cover screen. Secara otomatis, widget yang tersedia adalah Weather, Recent Call, Contact, Apps, dan Google Finance.

Salah satu yang jadi favorit kami adalah akses cepat ke Google Finance untuk mengamati pergerakan saham. Pengguna bisa menyetel indeks saham apa saja yang ingin disisipkan pada cover screen.

Namun, penyetelan lebih lanjut hanya bisa dilakukan melalui layar utama.

Aplikasi yang kompatibel di cover screen Galaxy Z Flip 5 sejauh ini memang masih terbatas. Cuma ada Google Maps, Messages, Netflix, WhatsApp, dan YouTube, pada setelan default.

Samsung mengklaim akan menghadirkan lebih banyak aplikasi di cover screen dalam waktu dekat.

Jika tak sabar menunggu, pengguna bisa menginstal aplikasi pihak ketiga ‘Good Lock’. Instagram, Facebook, Chrome, hingga ragam game, bisa muncul usai mengaktifkan Good Lock.

Kendati demikian, aplikasi-aplikasi yang tersedia secara default pun sudah cukup membantu. Misalnya saat dalam perjalanan dan ingin mengakses Maps.

Pengguna tak perlu lagi membuka layar utama yang besar. Cukup pakai cover screen sehingga lebih ringkas.

Membalas WhatsApp pun lebih praktis via cover screen. Pengguna bisa mengetik dengan keyboard virtual qwerty, bukan cuma mengklik template balasan.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan via cover screen Galaxy Z Flip 5 adalah mengambil selfie dan video dengan kamera utama 12MP (wide) + 12MP (ultrawide).

Lagi-lagi, antarmukanya dibuat praktis untuk mengakses fitur seperti Timer, Night Mode, Portrait, hingga mengatur aspek rasio gambar.

Bukan cuma itu, jika ingin memotret orang lain, tak perlu lagi takut hasilnya jelek. Sebab, cover screen bisa dijadikan layar preview, agar objek foto bisa melihat langsung posisi mereka. Jika sudah pas, cukup tekan tombol volume untuk mengambil gambar.

Lipatan tahan tanpa celah

Selain cover screen jumbo yang multifungsi, Samsung juga membenahi lipatan layar Galaxy Z Flip 5 dengan teknologi ‘Flex Hinge’. Saat layar dilipat, tak ada lagi gap di bagian tengah.

Tak cuma bikin tampilan HP lebih rapi, teknologi Flex Hinge juga memungkinkan mekanisme buka-tutup yang lebih mulus dan kokoh. Samsung mengklaim Galaxy Z Flip 5 tahan banting untuk dibuka-tutup sampai 200.000 kali.

Ketebalan perangkat pun berkurang 2mm menjadi 15,1 mm. Ketika layar dalam keadaan terbuka, bekas lipatan (crease) sudah jauh berkurang. Meski, saat layar dimatikan, crease masih terlihat samar-samar.

Urusan bodi, raksasa Korea Selatan ini menggunakan material Armor Aluminium ‘kelas militer’. Bagian depan dan belakang HP dilindungi Corning Gorilla Glass Victus 2.

Aspek terakhir yang menjamin ketahanan Galaxy Z Flip 5 adalah sertifikasi anti-debu dan anti-air IPX8. Pengguna bisa membawa HP ini ke dalam kolam dengan kedalaman 3 meter selama 30 menit.

Selain untuk ‘celup-celup’, IPX8 juga memberikan rasa aman dalam skenario sehari-hari. Pengguna tak perlu lagi khawatir jika HP kehujanan atau ketumpahan air minum.

Hasil Foto Kamera Galaxy Z Flip 5

Beralih ke aspek fotografi, spesifikasi kamera Galaxy Z Flip 5 memang tak membawa perubahan mentereng dari generasi sebelumnya.

Resolusi kamera utamanya masih 12MP (wide) + 12MP (ultrawide). Kamera depan untuk selfie juga masih beresolusi 10MP.

Namun, kualitasnya meningkat berkat teknologi kecerdasan buatan (AI) yang lebih canggih. Hal ini dimungkinkan chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy yang lebih baik dalam menangani pemrosesan visual.

Saat dipakai foto makanan, hasilnya lebih tajam dengan warna lebih akurat. Untuk foto di malam hari pun sudah bebas bintik-bintik dan efek flare.

Sepertinya tak perlu panjang lebar membahas kamera pada HP Samsung kelas flagship. Sejak dulu, produsen seri Galaxy ini selalu pol-polan untuk urusan fotografi.

Berikut beberapa contoh jepretan Galaxy Z Flip 5 yang diambil dengan mode dan situasi cahaya berbeda-beda.

  1. Portrait Selfie via Cover Screen
  2. Night Mode (normal, zoom 4x)
  3. Daylight Mode (normal, zoom 4x)
  4. Ultrawide Mode (night, daylight)
  5. Sefie Mode (wide, normal)
  6. Baterai lebih hemat berkat AI

Ketahanan baterai menjadi salah satu aspek penting, terutama bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi.

Seperti generasi sebelumnya, Galaxy Z Flip 5 masih mempertahankan kapasitas baterai 3.700 mAh dengan dukungan pengisian daya cepat 25W.

Meski spesifikasi di atas kertas tak ada perubahan, namun ketahanan baterai Galaxy Z Flip 5 tetap meningkat berdasarkan pengalaman kami. Lagi-lagi, hal ini berkat Snapdragon 8 Gen 2 yang menjanjikan efisiensi daya.

Dipakai lebih dari satu hari, status baterai Galaxy Z Flip 5 masih tersisa 29%. Penggunaan kami tak jauh-jauh dari aktivitas standar seperti mengakses Google Maps, chat dengan WhatsApp, mendengar lagu di Spotify selama 5 jam, menonton YouTube sekitar 1 jam, serta main game Brawl Stars 2 jam.

Secara keseluruhan, pengalaman kami menggunakan Galaxy Z Flip 5 lumayan memuaskan. Pengujian dengan aplikasi benchmark AnTuTu v10 memperlihatkan total skor HP ini mencapai 1.387.571.

Skor ini mengalahkan Red Magic 8 Pro+ (1.304.945) yang merupakan HP dengan performa terbaik pada laporan benchmark AnTuTu keluaran Juni 2023.

Galaxy Z Flip 5 menjadi pembuktian Samsung untuk memimpin pasar HP lipat, setelah konsisten menelurkan kategori produk ini selama 4 tahun terakhir. Inovasi cover screen-nya menjadi keunggulan utama.

Bukan sekadar ada, tetapi fungsinya benar-benar diperhatikan. Pengguna bisa mengetik langsung di cover screen untuk chat, bukan hanya sekadar mengklik balasan template.

Selain itu, pengguna diberikan kebebasan penuh untuk mengatur desain cover screen sesuai karakter masing-masing. Bagi yang gemar mengamati pergerakan saham, Galaxy Z Flip 5 juga dibubuhi widget Google Finance.

Teknologi ‘Flex Hinge’ memberikan rasa aman untuk mengoperasikan HP lipat. Layar bisa dibuka-tutup hingga 200.000 kali dengan mekanisme yang terasa lebih halus dibandingkan generasi sebelumnya. IPX8 juga merupakan ‘kemewahan’ yang jarang ditemui pada HP lipat lain.

Meski spesifikasi di atas kertas tak banyak berubah, tetapi chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy memberikan peningkatan penjajalan yang signifikan. Performa kamera dan baterai bisa diandalkan.

Kelebihan

  • Cover screen lebih besar dengan beragam fitur pendukung
  • Lipatan tanpa gap terasa lebih rapi dan kokoh
  • Material bodi ‘kelas militer’
  • Performa kamera dan baterai meningkat berkat Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy
  • IPX8 untuk ketahanan air dan debu

Kelemahan

  • Aplikasi yang kompatibel di cover screen masih terbatas
  • Harga lebih mahal Rp 1 juta ketimbang generasi sebelumnya
  • Tabel Spesifikasi Galaxy Z Flip 5
  • Layar Utama 6,7-inci Foldable Dynamic AMOLED 2X, 120Hz, HDR10+, 1200nits, rasio layar-ke-bodi 85,4%, resolusi 1080×2640 piksel, 426ppi
  • Layar Sekunder 3,4-inci, 720×748 piksel, Gorilla Glass Victus+, 305ppi
  • Sistem Operasi Android 13, One UI 5.1
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy
  • Internal 8/256 GB, 8/512GB
  • Kamera Utama 12MP (f/1.8, wide, 1,8 micron, OIS), 12MP (f/2.2,123 derajat, ultrawide, 1,12 micron)
  • Kamera Depan 10MP (f/2.4, 26mm, 1,22 micron)
  • Speaker Stereo
  • Baterai Li-Po 3700 mAh, 25W (wired)
  • Harga Rp 15.999.000 (8/256GB)
  • Rp 17.999.000 (8/512GB).

Itulah tadi ulasan lengkap tentang Samsung Galaxy Z Flip 5 semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan. (*)