Partai Gelora Siap Daftarkan Bacaleg ke KPU

BERITARADAR.COM, CIREBON – Keseriusan Partai Gelora Indonesia memenangkan pemilu 2024 tampaknya tidak bisa dipandang sebelah mata.

Hal ini di buktikan dengan kerja keras pengurus Mulai tingkat DPN, DPW dan DPD Partai Gelora Indonesia menyiapkan Bakal Calon Legislatif Anggota Dewan (BCAD) untuk didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, KPU Provinsi dan KPU Kota dan Kabupaten Se-Indonesia.

Sekjen Partai Gelora, Drs H Mahfuz Sidik MSi mengatakan, Partai Gelora saat ini secara simultan masih memproses 3 agenda. pertama adalah melengkapi daftar BCAD (Bacaleg) untuk Dapil pusat, provinsi dan kota/kabupaten.

Yang kedua, lanjut Mahfuz, BCAD yang sudah terdaftar sedang melengkapi semua persyaratan yg di atur dalam PKPU, karena ada 9 dokumen yang mesti di lengkapi.

Yang ketiga, masih kata Mahfuz, proses input data BCAD ke Pusat Data BCAD Partai Gelora, untuk nantinya akan di unggah ke Silon (sistem pencalonan) KPU.
Untuk agenda yang pertama, kata Mahfuz, di lakukan bersama oleh setiap jenjang struktur, dengan target terpenuhi minimal 50 persen BCAD di tiap Dapil.

“Target kami minimalBacaleg 50 persen,” tandasnya.

Mahfuz tidak menampik ada kendala-kendala di lapangan, salah satu kendalanya adalah keraguan terhadap d iberlakukannya sistem proporsional tertutup. Dan, untuk agenda kedua di lakukan secara hybrid.

Beberapa dokumen di siapkan secara individual mulai dari KTP, ijazah, akta lahir, bukti daftar pemilih, dan beberapa dokumen di proses kolektif mulai dari surat kesehatan, surat bebas narkoba, surat sehat rohani, surat pengadilan.

“Ada kendala waktu pelayanan publik yang terpotong cuti lebaran, dan sekarang masih proses,” ungkapnya.

Untuk agenda ketiga, masih kata Mahfuz, sedang dalam proses input ke pusat data BCAD Partai Gelora.

“Untuk ke Silon KPU proses input data BCAD akan segera di lakukan setelah SK BCAD dari DPP Partai Gelora sudah di terbitkan,” paparnya.

Sementara itu terpisah, Ketua DPD Partai Gelora Kota Cirebon, Roma Sanjaya menjelaskan, saat ini Partai Gelora sedang tahap persiapan administrasi BCAD.

Berdasarkan arahan DPN, pendaftaran BCAD dari Partai Gelora Indonesia ke KPU akan di laksanakan serentak Se-Indonesia pada Jumat 12 Mei 2023 mulai DPN, DPW dan DPD Kota dan Kabupaten Se-Indonesia.

Oleh karenanya, kata Rona, masih ada waktu sepekan bagi Partai Gelora khususnya Kota Cirebon menyiapkan kelengkapan dokumen administrasi bagi seluruh BCAD.

Karena target Kota Cirebon jumlah BCAD mencapai 100 persen atau 35 orang BCAD.

“Masih ada waktu dan kami sedang melakukan persiapan pemberkasan BCAD dan di input ke Silon DPN Partai Gelora,” kata Roma.

Baca Juga : Hasil Survei LSI 70 Persen Masyarakat Setuju Jokowi Terbitkan Perppu KPK

Roma juga mencanangkan pada Pemilu 2024 di Kota Cirebon setidaknya meraih satu kursi untuk setiap Dapil di Kota Cirebon. “Target 1 Dapil 1 kursi di Kota Cirebon. Kalau kota Cirebon 5 dapil maka Partai Gelora mencanangkan 5 kursi pada pemilu 2024,” tegasnya.

Senada, Ketua DPD Partai Gelora Kabupaten Cirebon, H Tarsadi menegaskan, Partai Gelora Kabupaten Cirebon siap mendaftar ke KPU pada Jumat 12 Mei 2023.

Sebagai bentuk keseriusan menjadi kontestan Pemilu 2024, kata Tarsadi, Partai Gelora sudah menyiapkan 100 persen BCAD untuk bertarung pada Pemilu 2024.

“Arahan DPN untuk mendaftarkan BCAD 100 persen setiap dapil Insyaallah terpenuhi,” tegasnya. Menurut Tarsadi, Gelora Kabupaten Cirebon sudah mencanangkan untuk Pemilu 2024 Partai Gelora bisa mengisi setiap dapil minimal 1 kursi.

Target ini bagi Tarsadi cukup realistis, karena dua tahun melakukan konsolidasi secara simultan di setiap dapil, dan mendekati pelaksanaan pemilu mesin partai akan semakin kencang.

“Kader, BCAD dan pengurus Gelora mesin partai terus bergerak hingga Pemilu 2024 mendatang. Dan, tiap hari kerja kerja pemenangan partai,” tegasnya.

Ketua DPD Partai Gelora Kabupaten Indramayu, Suyanto juga menegaskan, Gelora Indramayu sudah sangat siap mendaftarkan BCAD nya ke KPU. Sesuai arahan dari DPN Partai Gelora, seluruh dapil harus 100 persen terisi BCAD, maka Partai Gelora Indonesia menjalankan instruksi tersebut. “Insyaallah Partai Gelora Indramayu BCAD setiap Dapil sudah 100 persen terisi,” tegasnya.

Gelora Serisu Sambut Pemilu 2024

Sebagai partai pendatang baru, Partai Gelora sangat serius untuk memenangkan pertarungan pada Pemilu 2024 mendatang. Dan, mesin-mesin partai sudah bergerak di setiap dapil hingga level TPS.

“Semua mesin pemenangan Partai Gelora di Indramayu terus bergerak hingga TPS-TPS untuk Pemilu 2024,” terangnya.

Partai Gelora, lanjut Suyanto, akan mendaftar tanggal 12 Mei 2023 pukul 14.00 WIB, saat mendaftar akan longmarch dari Sekretariat Partai Gelora ke KPU dengan mengerahkan 1.000 orang mulai dari kader, pengurus, BCAD hingga simpatisan. (*)