Mahasiswa KKN UGJ Gintung Kidul Bikin Pelaku UMKM Antusias dengan NIB!

KABUPATEN CIREBON, BERITARADAR.COM – Universitas Swadaya Gunung Jati atau yang lebih banyak orang kenal dengan sebutan UGJ, saat ini sedang menggelar program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari tanggal 3 Agustus 2023 hingga 5 September 2023.

Pihak universitas telah mengirimkan para mahasiswa KKN UGJ ke beberapa desa, termasuk Desa Gintung Kidul di Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon.

Saat KKN di Desa Gintung Kidul, para mahasiswa KKN UGJ memiliki beragam program kerja dengan tema yang telah kampus tentukan, yaitu “Membangun Desa Untuk Jabar Juara Melalui Pemberdayaan UMKM.”

Program kerja yang mereka jalankan sangat bervariasi dan inovatif, seperti mengadakan sosialisasi kepada para pelaku UMKM setempat, memberikan Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada mereka, dan bahkan memberikan sertifikat halal secara gratis.

Para mahasiswa KKN UGJ di Desa Gintung Kidul juga mengadakan sosialisasi tentang pentingnya NIB bagi para pelaku UMKM di sekitar Desa Gintung Kidul.

Setelah mendapatkan dokumen NIB ini, para pelaku UMKM akan diberikan sertifikat halal secara gratis.

Kepala Desa Gintung Kidul, yaitu Kadmina, sangat mengapresiasi kegiatan KKN ini, “Saya sangat berterima kasih dan senang dengan kegiatan KKN yang mahasiswa UGJ lakukan, karena telah membantu para pelaku UMKM di Desa Gintung Kidul untuk mendapatkan izin usaha yang sah,” ujarnya.

Foto Bersama Mahasiswa KKN UGJ Gintung Kidul, Kepala Desa Gintung Kidul dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)
Foto Bersama Mahasiswa KKN UGJ Gintung Kidul, Kepala Desa Gintung Kidul dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). FOTO: ISTIMEWA/BERITARADAR.COM

Pelaku UMKM Desa Gintung Kidul Antusias terhadap NIB dan Sertifikat Halal

Tidak hanya Kadmina, para pelaku UMKM setempat juga merespons dengan antusias terhadap sosialisasi ini, bahkan kerabat mereka juga ingin mendapatkan NIB dan sertifikat halal.

Selain mengadakan sosialisasi, mahasiswa KKN UGJ Gintung Kidul juga membantu dalam pembuatan dan pemberian NIB kepada 25 pelaku UMKM.

Hal ini menjadi pengalaman pertama bagi para pelaku UMKM Desa Gintung Kidul dalam memahami pentingnya NIB.

Rifqi, salah seorang mahasiswa KKN UGJ Gintung Kidul, mengungkapkan, “Kami membantu membuat dan memberikan NIB kepada 25 pelaku UMKM, karena masih banyak di antara mereka yang belum mengetahui prosedur pengurusan NIB. Selain itu, kami memberikan NIB ini langsung kepada para pelaku UMKM,”katanya.

Para mahasiswa KKN UGJ Gintung Kidul juga berhasil berinovasi dengan membantu para pelaku UMKM setempat untuk mendapatkan sertifikat halal secara gratis.

Meskipun proses pengurusan sertifikat halal ini masih berlangsung, Rifqi menjelaskan, “Pengurusan sertifikat halal memerlukan waktu lebih lama jika kita bandingkan dengan NIB, karena harus melibatkan komite fatwa. Namun, kami telah mengajukannya dan menginput data ke kementerian, tinggal menunggu hasilnya,”tambahnya.