Kuliner Malam di Yogyakarta, 10 Tempat Makan yang Wajib Dicicipi

CIREBON, BERITADAR.COM – Apa saja kuliner malam di Yogyakarta? Yogyakarta, kota budaya dengan pesona sejarahnya yang memesona, juga memiliki pesona kuliner yang tak kalah memikat.

Jika kamu adalah seorang pecinta kuliner yang gemar berpetualang di malam hari, Yogyakarta memiliki banyak pilihan tempat makan yang siap memanjakan lidahmu.

Dari angkringan hingga hidangan tradisional khas Jawa, inilah 10 tempat makan malam di Yogyakarta yang wajib kamu cicipi.

10 Kuliner Malam di Yogyakarta yang Wajib Dicicipi:

1. Lesehan SBTB Terang Bulan Malioboro

Di Malioboro, ada satu warung lesehan yang harus kamu kunjungi, yaitu Lesehan SBTB Terang Bulan Malioboro. Warung ini menawarkan berbagai menu menarik seperti burung puyuh goreng, bebek goreng, dan nasi gudeg.

Harga menu disesuaikan, sehingga kamu dapat menikmati makanan dengan tenang. Lokasinya berada di Jalan Margo Mulyo, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, buka setiap pukul 21.00-02.00 WIB.

2. Gudeg Bromo Bu Tekluk

Tempat makan  yang berlokasi di Jalan Affandi Nomor 2A, Santren, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, adalah tempat wajib bagi pecinta kuliner. Meskipun biasanya ramai, rasa gudeg basah yang gurih dengan kuah areh dan sambal kreceknya cocok dinikmati pada malam hari. Jam buka Gudeg Bromo Bu Tekluk setiap hari pukul 23.00-05.00 WIB.

3. Nasi Campur Teri Gejayan Pak Yo

Warung Nasi Campur Teri Gejayan Pak Yo menjadi favorit pecinta kuliner malam dengan menu nasi campur berisi teri dan sayuran, dengan pilihan lauk mulai dari gorengan hingga ayam goreng. Harga satu porsi nasi campur dimulai dari Rp10.000, tergantung lauk yang kamu pilih.

Lokasinya ada di Jalan Affandi Nomor 5, Klitren, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, buka setiap Selasa-Minggu pukul 21.30-03.30 WIB.

4. Soto Sampah

Jika kamu ingin menyantap makanan berkuah pada malam hari, Soto Sampah adalah tempat yang tepat. Warung ini buka dari pukul 07.00-03.00 WIB dan berlokasi di Jalan Kranggan Nomor 2, Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta.

Kamu dapat menikmati semangkuk soto kuah gurih dengan isian ayam suwir, kol, tauge, dan soun dengan harga sekitar Rp10.000, ditambah dengan pilihan gorengan atau aneka sate yang terjangkau, antara Rp5.000 – Rp2.000.

5. Mie Ayam Kamehame

Gerai mie ayam Kamehame terkenal di kalangan remaja Yogyakarta dan menyajikan mie ayam dengan berbagai kuah seperti tongseng, sate, dan rendang. Menu terkenalnya adalah mie ayam pedas dengan tingkat kepedasan yang beragam.

Harga satu mangkuk mie ayam di tempat ini berkisar antara Rp12.000 – Rp24.000. Lokasinya berada di Jalan Urip Sumoharjo Nomor 64, Klitren, Gondokusuman, Yogyakarta, dengan jam operasional pukul 21.00-03.00 WIB.

6. Angkringan Pak Jabrik

Jika kamu berada di sekitar Tugu Jogja, silakan mampir ke Angkringan Pak Jabrik. Warung ini menawarkan berbagai sajian seperti nasi teri dan nasi oseng tempe, dengan harga sekitar Rp 4.000 per bungkus. Pilihan minumannya juga beragam, mulai dari kopi joss hingga badrek.

Warung ini selalu ramai, tetapi memiliki tikar lesehan yang cukup banyak, sehingga kamu dapat makan dengan nyaman. Lokasinya berada di Jalan P. Mangkubumi, Gowongan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta, buka setiap pukul 20.30-04.30 WIB.

7. Bakmi Jawa Pak Geno

Jika kamu ingin menyantap makanan berkuah, kamu dapat mengunjungi Bakmi Jawa Pak Geno yang berlokasi di sekitar Jalan Mangkuyudan, Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Warung ini merupakan langganan Presiden Soeharto dan selalu ramai, dengan jam buka setiap hari pukul 18.00-01.00 WIB dengan harga sekitar Rp20.000.

8. Oseng Mercon Bu Narti

Warung oseng mercon ini sudah beroperasi sejak tahun 1997 dan terkenal dengan hidangan pedas pada malam hari seperti oseng mercon tetelan sapi. Harga satu porsi oseng mercon dan nasi sekitar Rp25.000, sementara pilihan lauk tambahannya tersedia dengan harga mulai Rp8.000.

Lokasinya berada di Jalan KH. Ahmad Dahlan Nomor 107, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, buka setiap hari pukul 16.00-23.00 WIB.

9. Munggur Minang

Munggur Minang terkenal dengan kreasi mi instan yang unik dengan bumbu padang yang khas. Selain mi instan bumbu Padang, kamu juga dapat menikmati nasi goreng khas Padang dengan harga mulai Rp10.000 – Rp15.000.

Lokasinya ada di Jalan Munggur No.26, Demangan, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, dengan jam operasional setiap hari pukul 18.00-02.00 WIB.

10. Wedang “Ronde lek dhie” Milenial

Jika kamu tidak ingin makan berat, kamu dapat mengunjungi Wedang “Ronde lek dhie” Milenial. Warung ini menyajikan semangkuk ronde lengkap dengan agar-agar, potongan roti tawar, kacang goreng, dan jajanan mirip mochi berisi kacang tanah.

Kuah jahenya yang ringan pas untuk malam hari. Warung ini berlokasi di Jalan Dagen, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, dengan jam buka pukul 17.30-23.30 WIB.

Kuliner malam di Yogyakarta adalah petualangan kuliner yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke kota ini. Dari gudeg lezat hingga mie ayam pedas yang menggugah selera, Yogyakarta memiliki semua yang kamu inginkan untuk memuaskan rasa laparmu di malam hari. (*)

Simak Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News