Hasil Malaysia vs Thailand di Piala AFF 2023: Thailand Bungkam Malaysia di Adu Penalti

CIREBON, BERITARADAR.COM – Hasil Malaysia vs Thailand di Piala AFF 2023 akan dibahas pada artikel berikut, karena pertandingannya telah resmi berakhir.

Pertandingan memperebutkan posisi ketiga Piala AFF U-23 2023 antara Malaysia vs Thailand berakhir pada Sabtu (26/8/2023) sore WIB dengan skor akhir 3-4 melalui babak adu penalti.

Sebelumnya, pertandingan antara Malaysia vs Thailand di Rayong Provincial Stadium berlangsung sengit dan berakhir imbang 0-0 selama waktu pertandingan normal.

Tuan rumah Piala AFF U-23 berhasil meraih peringkat ketiga setelah kiper Thailand berhasil menggagalkan dua tendangan penalti dari pemain Malaysia.

Hasil ini membantu Thailand untuk sedikit meredakan kekecewaan mereka dalam Piala AFF U23 2023.

Meskipun berhasil meraih peringkat ketiga, momen ini menandai performa terlemah Thailand dalam gelaran Piala AFF U23 2023.

Sebelumnya, Thailand selalu berhasil mencapai partai final Piala AFF U23 dalam tiga edisi sebelumnya.

Prestasi paling cemerlang terjadi pada Piala AFF U23 2005 ketika Thailand, yang juga menjadi tuan rumah, berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Singapura.

Dua partai final lainnya terjadi pada Piala AFF U-23 2019 dan 2022.

Namun, kali ini Thailand harus puas menjadi runner-up setelah kalah dari Timnas Indonesia pada tahun 2019 dan Vietnam pada tahun 2022.

Pada edisi Piala AFF U-23 2023, Tim Gajah Perang harus menerima kenyataan menjadi peringkat ketiga setelah gagal mencapai partai final.

Dengan meraih peringkat ketiga, Thailand berhak atas hadiah sebesar Rp764 juta dari AFF.

Jalannya Adu Penalti Malaysia vs Thailand

Malaysia menjadi tim pertama yang menjalani babak adu penalti dalam pertandingan ini. Kedua tim berhasil melakukan tendangan penalti dengan baik hingga eksekutor kedua.

Namun, nasib Malaysia mulai berubah setelah eksekutor berikutnya.

Tendangan penalti ketiga dari Malaysia adalah Syahir Bashah, sayangnya Thirawooth Sruanson selaku kiper Thailand berhasil menepis tendangan Syahir.

Sementara itu, tendangan penalti ketiga dari Thailand adalah Songchai Thongcham dan dirinya sukses menjebol gawang Malaysia.

Meskipun Malaysia memiliki kesempatan ketika tendangan penalti keempat dari Thailand gagal, Thakdanai Jaihan gagal mengalahkan kiper Malaysia, Azim Al Amin.

Namun, eksekutor terakhir Malaysia, Muhammad Abu Khalil, juga gagal melaksanakan tugasnya.

Sebagai akibatnya, Thailand memastikan kemenangan dengan skor 3-4 melalui tendangan penalti penentu yang dilakukan oleh Chudit Wanpraphao.

Hasil Malaysia vs Thailand di Piala AFF 2023

Jadi yang memenangkan pertandingan sengit tersebut adalah Thailand. Thailand bungkam Malaysia di babak adu penalti, dengan skor 3-4.