Google Translate : Sejarah Serta Fitur Tersembunyinya

CIREBON, BERITARADAR.COM – Asal usul Google terjemah dapat ditelusuri kembali ke salah satu pendiri Google, Sergey Brin, yang menerima surat penggemar. Sayangnya, surat itu ditulis dalam bahasa Korea.

Brin tertarik dengan isi surat itu secara keseluruhan. Surat tersebut kemudian diterjemahkan menggunakan peralatan penerjemah yang dimilikinya.

Setelah meluncurkan halaman Techcrunch, inspirasi mesin penerjemah muncul, dan Google Translate pun terbentuk.

Google Translate adalah fitur mesin pencari Google yang memungkinkan pengguna meminta terjemahan bahasa asing.

Kamus besar yang sebelumnya digunakan untuk menerjemahkan kata-kata kini digantikan oleh Google Terjemahan.
Pasalnya, Google Translate memungkinkan Anda menerjemahkan kata dan kalimat dalam banyak bahasa internasional hanya dengan menggunakan ponsel.

Menurut laman Ilmiah, Google Terjemahan tersedia di situs web dan aplikasi seluler yang dapat digunakan secara offline.

Google Terjemahan pertama-tama dapat menafsirkan isi umum teks berbahasa asing, namun tidak akurat. Namun, hasil terjemahannya cukup baik dari waktu ke waktu.

Fitur Tersembunyi

Google Terjemahan menyertakan beberapa fungsi yang hanya diketahui sedikit orang. Fungsionalitas ini juga tersedia untuk Anda. Berikut beberapa kemampuan tersembunyi Google Translate yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Terjemahan gambar

Google Translate diketahui mampu menerjemahkan teks dalam foto, menurut situs Gearrice. Cukup ambil cuplikan teks pada gambar untuk melakukannya.

Misalnya saja jika Anda ingin mengetahui apa maksud dari tulisan di majalah. Anda dapat memotret halaman atau kalimat yang perlu diterjemahkan.

2. Terjemahan suara

Selain gambar, Google Translate memiliki kemampuan perekam audio yang mampu menerjemahkan suara.
Pengguna cukup mengucapkan kata yang ingin diterjemahkan. Nantinya, mesin akan menganalisis dan memberikan makna berdasarkan bahasa yang Anda pilih.

3. Terjemahan otomatis

Anda juga dapat menggunakan Google Translate untuk memindahkan kalimat yang ingin Anda terjemahkan.
Untuk menggunakan metode ini, cukup sorot teks yang ingin Anda terjemahkan, dan pop-up Ketuk untuk Menerjemahkan akan muncul.

4. Tafsirkan dialognya

Google Terjemahan dapat melakukan percakapan selain menerjemahkan teks. Pengguna dapat memanfaatkan alat ini untuk berkomunikasi dengan orang asing yang ditemuinya.

Cukup mengetik atau mengucapkan sebuah kalimat ke dalam aplikasi, dan Google terjemah akan menerjemahkannya ke bahasa yang diinginkan. Asal bahasa yang digunakan termasuk dalam bahasa yang didukung Google dengan catatan.

Demikian pembahasan mengenai sejarah Google terjemah serta Fitur tersembunyi yan dimilikinya.(*)