Eksplorasi Kelezatan Malam di Bandung, Berikut Tempat Kuliner yang Wajib Dicoba

BANDUNG, BERITARADAR.COM – Tidak hanya terkenal dengan sebutan Kota Kembang dan sebagai pusat mode, tempat kuliner Bandung juga terkenal sebagai surga kuliner Bandung.

Di setiap sudutnya, kota ini menyajikan tempat kuliner Bandung lezat yang menggugah selera.

Bahkan, ketika malam tiba, tempat kuliner Bandung semakin ramai dengan penjaja makanan. Jika kamu adalah seorang pencinta kuliner malam, pastikan untuk mencicipi kuliner Bandung di spot-spot berikut ini!

Berikut Tempat Kuliner Bandung pada Malam Hari

1. IIga Bakar Si Jangkung

Salah satu kuliner Bandung yang nggak boleh kamu lewatkan adalah Iga Bakar Si Jangkung. Di sini kamu akan disuguhkan iga bakar ke dalam sebuah hot plate.

Nggak lupa kondimen pelengkap seperti cabe rawit, potongan tomat, dan bawang merah, yang menyempurnakan hidangan.

Pilihan menunya pun variatif mulai dari iga bakar sapi, kambing, sate kambing, sate ayam, tongseng kambing, dan krengsengan sapi sekaligus kambing. Bagi kamu meat-lover, wajib banget ke sini!

Alamat: Jalan Cipaganti Nomor 75G, Pasteur, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung

Harga: Mulai dari Rp35.000 per porsi

2. Bakso Ceker Braga

Kuliner satu ini berada di kawasan Braga, menjual beragam hidangan bakso dengan varian topping. Sebut saja seperti ceker, kikil, tetelan, dan tulang rusuk.

Ada juga pilihan menu mie loh, seperti yamin asin. Selain menyuguhkan menu bakso dan mie, ada juga menu prasmanan dengan berbagai pilihan lauk.

Alamat: Jalan Suniaraja Nomor 1, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung

Harga: Sekitar Rp4.000-40.000 per porsi

3. Food Street di Sepanjang Jalan Cibadak

Dikenal sebagai salah satu surganya kuliner jalanan di Bandung, Jalan Cibadak menyuguhkan beragam jajanan kaki lima.

Mulai dari kudapan jenis snack hingga makanan berat, semuanya ada! Beberapa kedai makanan yang wajib untuk dicoba di antaranya, Lekker Time, Soto Bandung Pak Simon, Kobe Teppanyaki, Soto Ojo Lali, Ronde Jahe Alkateri, Martabak Nikmat Cibadak, dan Wakacao.

Alamat: Sepanjang Jalan Cibadak, Bandung

Harga: Mulai dari Rp2.500-40.000 per porsi

4. Roti Bakar 234 Gang Kote

Menikmati snack malam seperti roti bakar ditemani dengan secangkir teh, terasa sangat nikmat sekali, bukan? Yang membuat roti bakar 234 ini berbeda dari yang lain terletak pada proses memanggangnya.

Jika roti bakar pada umumnya dibakar di atas wajan, tapi roti bakar 234 dibakar di atas arang. Dirangkum dari berbagai sumber, roti bakar ini sudah berdiri sejak tahun 1970-an.

Kudapan ini cukup ramai diburu pelanggan, karena topping-nya yang terkenal tumpah-tumpah (banyak) dan porsinya yang mengenyangkan.

Alamat: Gang Kote, Karanganyar, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung

Harga: Mulai dari Rp28.000 per porsi

5. Warung Sate HM Harris

Berita bagus bagi kamu pencinta daging! Ada warung daging legendaris yang terletak di Jalan Afrika. Warung Sate HM Harris, namanya.

Masuk ke dalam jejeran kedai makanan populer di Bandung, warung sate ini menyediakan berbagai macam daging-dagingan.

Cara penyajiannya pun unik, bukan di piring melainkan ditaruh ke dalam hot plate supaya menjaga kehangatan makanan. Konon, kedai ini sudah berdiri sejak tahun 1974.

Jadi, nggak heran kalau kedai ini populer di kalangan pelanggan ya. Tersedia juga menu berkuah seperti gulai kambing, loh.

Alamat: Jalan Asia Afrika Nomor 155, Kb. Pisang, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung

Harga: Mulai dari Rp50.000 per porsi

6. Nasi Kalong

Nama Kalong yang tersemat mempunyai makna hewan kalong/kelelawar. Maksudnya toko ini dibuka hanya malam hari saja, mengingat kelelawar merupakan hewan nokturnal.

Nasi Kalong ini sangat unik, karena nasinya menggunakan beras merah dan diberi bumbu kluwek -bumbu yang sering dipakai untuk hidangan rawon- sehingga menghasilkan nasi berwarna ungu yang tinggi karbohidrat.

Lauk pelengkapnya mulai dari tumis buncis, ayam bakar madu, ebi goreng kremes, dendeng ayam, dan abon.

Alamat: Jalan L. L. R.E. Martadinata Nomor 102, Cihapit, Kota Bandung

Harga: Mulai dari Rp50.000 ribuan

7. Sambal Bakar Mang Ujang

Sambal Bakar Mang Ujang, sempat menjadi perbincangan hangat di TikTok karena rasa sambalnya yang menggugah selera. Baru dibuka tahun 2021 lalu, tapi kedai makanan satu ini sudah menarik perhatian warga Bandung dan sekitarnya.

Cara penyajiannya yang unik -di atas cobek-, menjadikan hidangan ini memiliki daya tarik tersendiri. Pilihan menunya pun banyak, mulai dari daging wagyu, nila, telur dadar, ayam, udang, dan bebek. Nggak lupa, dua sambal populer di kedai ini yaitu sambal gami dan sambal goang.

Alamat: Jalan Sasak Gantung Nomor 19, Balonggede, Kecamatan Regol, Kota Bandung

Harga: Mulai dari Rp18.000 per porsi