Cek Spesifikasi Kamera Nikon Z30, Kamera Vlogging Idaman ?

CIREBON,BERITARADAR.COM Kamera Nikon Z30 adalah kamera mirrorless APS-C 20,2MP yang dirancang untuk pembuat konten visual yang ingin mengambil lompatan dari pengambilan gambar dengan ponsel cerdas atau kamera saku mereka.

Ini mencakup banyak elemen familiar dari model ‘DX’ Nikon yang sudah ada, tetapi lebih fokus pada vlogging daripada gambar diam.

Simak Ulasan Lengkap Tentang Nikon Z30

Spesifikasi utama

  • Sensor CMOS APS-C 20,2MP
  • Video 4K hingga 30p
  • Video 1080 hingga 120fps (sebagai gerak lambat)
  • Sekitar 2 jam video dengan daya USB
  • Mengartikulasikan sepenuhnya layar sentuh 3,0″, 1,04M dot
  • Lampu penghitungan
  • Tombol-tombolnya ditata ulang dengan tombol REC yang lebih menonjol
  • Slot kartu SD UHS-I tunggal

Z30 tersedia body-only seharga $709,95 atau dengan lensa VR 16-50mm F3.5-6.3 yang dapat dilipat seharga Rp.13,004,405.

Kit dua lensa yang menambahkan 50-250mm F4.5-6.3 VR berharga Rp.182.273,35. ‘Kit Aksesori Pembuat’ yang terdiri dari mikrofon shotgun Røde Videomicro, unit remote control Bluetooth ML-L7, dan tripod mini/pegangan selfie Smallrig berharga Rp.2.272.644.

Apa itu Z30?

Z30 adalah kamera mirrorless APS-C ketiga Nikon yang menggunakan Z-mount perusahaan. Model sensor yang lebih kecil ini, yang disebut ‘DX’ oleh Nikon, semuanya ditujukan untuk pembuat konten muda, namun Z30 menunjukkan komitmen paling besar terhadap tujuan tersebut dengan penekanan pada vlogging dan streaming video.

Secara konseptual, ini sangat mirip dengan ZV-E10 Sony. Keduanya dibuat dengan sensor APS-C dan memiliki layar artikulasi yang memungkinkan operator muncul dalam gambar diam dan video yang mereka rekam.

Keduanya juga memiliki mikrofon stereo yang terpasang di pelat atasnya dengan opsi untuk memasang kaca depan ‘kucing mati’ (disertakan dengan Sony, aksesori seharga Rp 146.653.000,00.untuk Nikon).

Namun keduanya berbeda dalam tiga hal utama. Pertama, Z30 dapat merekam video 4K hingga 30fps tanpa pemotongan, sedangkan Sony ZV-E10 hanya dapat merekam hingga 24fps sebelum harus dipotong.

Sehingga lebih sulit untuk mencapai tampilan sudut lebar yang ideal untuk vlogging. Kedua, Z30 tidak memiliki port headphone, yang berarti audio perlu dipantau menggunakan level di layar.

Terakhir, ZV-E10 menyertakan beragam pilihan warna yang berfokus pada video, termasuk beberapa profil Log untuk pengeditan pasca-pemotretan, Z30 memiliki profil ‘Flat’ yang lebih sederhana.

Dalam praktiknya, hal ini kurang canggih, namun ini juga berarti video lebih mudah digunakan saat mengedit.

Berbeda dengan Nikon Z50 dan Z fc, yang menggunakan sensor CMOS APS-C 20MP yang sama, tidak ada batasan perekaman 30 menit pada Z30.

Nikon mengatakan akan merekam sekitar 125 menit rekaman 1080 jika Anda memberikan daya melalui port USB-C kamera. 4K kemungkinan akan berhenti setelah sekitar 35 menit pada suhu 25°C (77°F).

Z30 mungkin terlihat seperti Z50 dengan EVF-nya yang dipotong, tetapi Nikon telah menambahkan beberapa detail penting untuk menjadikannya kamera yang lebih ramah pengguna untuk vlogging.

Penambahan yang paling menonjol adalah tampilan yang dapat diartikulasikan sepenuhnya, tombol rekam yang lebih besar, dan lampu penghitungan di bagian depan kamera.

Bersama-sama, hal ini menjadikan kamera lebih intuitif untuk merekam video bergaya selfie dengan tidak perlu lagi menebak-nebak dalam membingkai dan mengetahui apakah Anda sedang merekam atau tidak.

Z30 menyenangkan untuk memotret, baik saat berada di belakang kamera yang memotret dunia di sekitar Anda maupun saat Anda menyalakan kamera sendiri.

Hal ini tidak mudah untuk dicapai, namun Nikon telah menyeimbangkan tombol, dial, dan antarmuka dengan baik di bagian depan dan belakang kamera agar sama-sama nyaman digunakan baik saat Anda berada di belakang atau di depannya.

Pilihan tombol yang disertakan Nikon cukup untuk menawarkan semua penyesuaian yang Anda inginkan pada kamera sebesar ini, dan menunya mudah dinavigasi tanpa tersesat.

Saya sangat menyukai penempatan dua tombol putar yang dapat disesuaikan: satu di bagian depan pegangan di bawah pelepas rana dan tombol putar bahu di bagian belakang kamera dekat ibu jari Anda.

Mereka berada tepat di tempat yang saya perlukan saat memotret, dan saya tidak perlu meraba-raba sambil memegang kamera dengan satu tangan.

Media disimpan pada kartu SD UHS-I di sebelah baterai di bagian bawah kamera. Aksesnya tidak semudah slot kartu yang dipasang di samping, namun jaraknya cukup jauh dari dudukan tripod sehingga Anda dapat melepas baterai dan kartu memori bahkan dengan tripod atau pelat terpasang.

Bagaimana rasanya digunakan untuk vlogging?

Selama beberapa tahun terakhir, produsen telah merilis model kamera yang dibuat khusus untuk pembuat konten hybrid.

Meskipun Nikon termasuk kamera Z50 dan Z fc APS-C di antara model-model tersebut, Z30 adalah model perusahaan yang paling berorientasi pada video.

Lensa kit yang disertakan menawarkan rentang panjang fokus yang lumayan, namun akan menyenangkan jika melihatnya sedikit lebih lebar.

Pada bagian terlebarnya, lensa ini menyediakan kesetaraan 24mm. Focal length. Meskipun cukup lebar untuk sebagian besar kasus penggunaan, alangkah baiknya jika ujung yang lebih lebar dimulai pada kesetaraan 20mm.

Panjang fokus, seperti yang akan Anda temukan pada lensa tetap ZV-1F Sony yang baru saja dirilis. Z30 memotret menggunakan seluruh lebar sensor, tetapi jika Anda menggunakan stabilisasi gambar elektronik (pemangkasan 1,23x), 24mm itu secara efektif menjadi 30mm, yang agak sempit untuk video bergaya selfie.

Fokus otomatis tidak mengalami masalah dalam mengikuti konten bergaya vlog. Face/Eye AF bekerja dengan baik dalam situasi terang dan gelap, dengan cepat mengunci mata saya bahkan saat saya mengalihkan pandangan dari kamera sebentar.

AF bekerja dengan baik ketika memfilmkan subjek bergerak lainnya selama subjek menempati setidaknya 10% frame.

Namun, jika lebih kecil dari itu, pelacakan terkadang akan kehilangan subjek jika dilakukan dengan cepat melalui bingkai. Hal ini lebih jelas terlihat pada panjang fokus yang lebih lebar, namun hal ini tidak terbukti menjadi masalah besar karena Anda memiliki lebih banyak fokus pada panjang fokus yang lebih lebar, sehingga sedikit gangguan pada AF tidak terlalu terlihat.

Daya tahan baterai terbukti solid dan tepat sasaran dengan perkiraan Nikon. Menurut Nikon, baterai EN-EL25 mampu merekam video berdurasi sekitar 75 menit.

Saya rata-rata memiliki masa pakai baterai sekitar 65 menit saat merekam video 4K/30p, dan itu terjadi dalam cuaca yang relatif lebih dingin, sehingga dapat menghambat kinerja.

Z30 memiliki pengisian daya USB-C dan meskipun ini bukan konsep baru, memiliki opsi untuk mengisi daya baterai dengan cepat saat vlogging jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan pengambilan gambar diam, mengingat seberapa cepat video membakar baterai.

Sangat mudah untuk menyambungkan baterai USB saya ke Z30 di tas saya di sela-sela pengambilan gambar dan mengisinya kembali serta siap digunakan saat saya perlu menggunakannya lagi.

Saya ingin melihat waktu pengisian daya yang lebih cepat (benchmark saya mencapai 6,35W), tetapi throughput watt yang lebih tinggi berarti lebih banyak panas, yang dapat memengaruhi kinerja kamera saat Anda perlu memotretnya.

Namun, memotret hanyalah bagian dari persamaan saat membuat vlogging. Anda juga memiliki pasca-produksi, dan tampaknya Nikon juga telah menciptakan alur kerja yang bagus untuk digunakan oleh para kreatif dengan profil warna Nikon Flat yang baru.

Prasetel kontras rendah dan saturasi rendah ini memberi Anda fleksibilitas tambahan untuk menilai warna video Anda di pascaproduksi tanpa harus berurusan dengan profil Log dan LUT (tabel pencarian) yang lebih rumit.

Profil warna ‘Flat’ Picture Control Nikon juga tersedia untuk gambar diam. Ini memiliki manfaat tambahan yaitu memudahkan untuk mencocokkan estetika foto dengan video Anda.

Kamera yang sama yang Anda gunakan untuk memotret Reel dan Shorts juga dapat digunakan untuk mengambil gambar mini dan gambar diam, dan gambar tersebut akan terlihat serupa tanpa harus berjam-jam mencocokkan warna rekaman video Log dengan gambar diam Anda.

Kualitas gambar

Nikon Z30 menggunakan sensor 20,2MP yang sama dengan yang ditemukan di Nikon Z50 dan Z fc. Dan meskipun ini hanyalah versi terbaru dari sensor yang digunakan pada DSLR Nikon D500, sensor ini memiliki performa Raw yang solid dan JPEG yang bagus.

Di siang hari atau pemandangan yang cukup terang, gambarnya tajam dengan detail yang fantastis.

Dalam pemandangan dengan cahaya rendah, di mana Anda mungkin perlu menaikkan ISO, rentang dinamis bertahan dengan baik, dan noise terkontrol dengan baik, namun hal terakhir ini terkadang menyebabkan detail kontras rendah menjadi sedikit tercoreng.

Namun secara keseluruhan, Z30 berfungsi seperti yang Anda harapkan, mengingat ia menggunakan sensor yang sama dengan yang digunakan di dalam Z50.

Nikon Z30 adalah kamera dengan lensa ringkas dan mampu diganti yang unggul dalam fungsinya: vlogging santai.

Memulainya tidak menakutkan, tetapi menawarkan penyesuaian yang cukup untuk memastikannya sesuai dengan alur kerja pembuatan konten Anda.

Desain lensanya yang dapat dipertukarkan terbatas pada saat ini, karena pilihan lensa ‘DX’ Z-mount Nikon untuk saat ini langka di luar lensa kit 16-50mm F3.5-6.3 VR. Nikon memiliki satu setara 12-28mm. lensa power zoom (PZ) dan dua lensa prima (setara 24mm dan 36mm) sedang dalam pengerjaan, namun lensa tersebut belum memasuki pasar tanpa jangka waktu yang jelas kapan lensa tersebut akan tiba.

ZV-E10 menawarkan lebih banyak hal di bagian optik berkat ekosistem E-mount Sony yang kuat, tetapi kurang ergonomis dan terbatas pada 4K/24p saat memotret kecuali Anda menginginkan pemotongan digital 1,2x yang mengganggu untuk memotret 30 fps.

Dan mengingat kedua kamera dengan lensa kit masing-masing hampir identik, harga Rp. 11.921.600,00 lebih menguntungkan Z30 kecuali Anda mencari lebih banyak pilihan lensa atau menginginkan fitur Product Showcase untuk video gaya langsung.

Sedangkan untuk perangkat seluler, Z30 tidak diragukan lagi akan menawarkan pengalaman pengambilan gambar yang lebih menyenangkan dibandingkan smartphone terbaik sekalipun, berkat layar flip-around dan pilihan tombol dan dial yang dapat disesuaikan.

Kualitas video belum tentu jauh lebih baik, kecuali pengambilan gambar dalam cahaya rendah. Namun, media yang dapat dipindahkan memang memudahkan bekerja dengan file yang lebih besar saat memotret konten yang panjang.

Apakah itu bernilai tambahan $800 dari kantong Anda atau tidak, pada akhirnya bergantung pada kebutuhan pribadi Anda sebagai pembuat konten.

Itulah tadi ulasan lengkap tentang Kamera Nikon Z30  semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan. (*)

Tinggalkan Balasan