BJ Habibie Donor Kornea Matanya ke Thareq Habibie: Hoax!

JAKARTA-Dua hari setelah BJ Habibie meninggal, beredar pesan berantai (broadcast) bahwa Presiden RI ke-3 itu mendonorkan kornea matanya untuk putra bungsunya, Thareq Habibie. Broadcast itu pun ditepis keluarga.

Broadcast itu awalnya menyoroti penampilan Putra bungsu almarhum BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie, beberapa kali muncul di tengah kabar duka meninggalnya sang ayah. Penampilan Thareq yang selalu memakai penutup mata membuat publik penasaran.

Ainun disebut akan mendonorkan kornea ke Thareq, namun urung hingga akhirnya Habibie yang menjadi donor. Sebelum jenazah BJ Habibie dimakamkan, korneanya lalu diambil untuk Thareq.

Berikut ini isi broadcast yang sudah dipastikan hoax itu:

Kakak Thareq, Ilham Habibie, menegaskan isi broadcast itu tidak benar. Thareq memakai penutup mata karena glaukoma dan tidak bisa menerima donor kornea mata.

“Itu tidak benar. Karena itu tidak bisa diselamatkan donor mata. Itu bukan kornea, itu masalah di belakang, di retina,” kata Ilham kepada saat ditemui di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2019).

Thareq memakai penutup mata sejak 3 tahun lalu. Ilham mengatakan adiknya itu mengalami glaukoma karena sakit diabetes. Dia menegaskan bahwa penyakit itu tak bisa langsung diobati dengan donor mata.

“Nggak bisa didonor itu. Itu penyakit mata. Gosip, hoax, karena secara medis tidak bisa. Tidak bisa misalnya kita ambil lain siapa pun, ganti, lalu sembuh, nggak bisa itu. Mata itu kompleks. Jadi nggak segampang itu,” tegas Ilham. (*)

Tinggalkan Balasan