Bakal ada Komet Nishimura di September 2023, Begini Fakta Menariknya

CIREBON, BERITARADAR – Pada tanggal 11 Agustus 2023, seorang pengamat astronomi amatir Jepang bernama Hideo Nishimura menemukan sebuah komet. Kemudian Hideo Nishimura memberikan benda angkasa ini dengan nama Komet C/2023 P1 (Nishimura).

Komet terbaru tersebut diberitakan dapat terlihat dengan mata telanjang tanpa perangkat bantu pada tanggal 12 September 2023 mendatang. Saat yang paling sesuai untuk mengamatinya adalah beberapa jam sebelum fajar.

Komet Nishimura saat ini sedang melewati rasi Gemini dengan magnitudo sebesar 8.6. Komet ini akan mencapai titik perihelion (jarak terdekatnya dengan Matahari) pada tanggal 17 September 2023. Saat berada dalam fase perihelion, komet ini akan sulit diamati karena hanya terpisah sejauh 12 derajat dari Matahari.

Komet Nishimura akan Tampak di Tanggal Segini

Menurut informasi yang dikutip dari akun Instagram Observatorium Bosscha, pada waktu yang paling sesuai untuk mengamatinya pada tanggal 12 September mendatang, komet Nishimura akan berada di rasi Leo dengan magnitudo sebesar 4.6.

Meskipun ada yang menyebut bahwa Komet ini dapat terlihat tanpa menggunakan alat bantu, laporan dari situs NASA Science menyatakan bahwa hal ini tidak dapat dipastikan karena sifat komet yang sulit diprediksi.

Hideo Nishimura sendiri menemukan komet ini hanya dalam penampakan selama 30 detik menggunakan kamera digital biasa.

Sejak saat penemuan, komet ini semakin terang dan jalur lintasannya yang melalui bagian dalam tata surya menjadi lebih jelas.

Seiring komet ini mendekati Matahari, benda langit ini akan semakin terlihat besar dan orang lain mungkin dapat melihatnya dengan mata telanjang pada bulan September mendatang.

Namun, sayangnya, komet ini juga akan berada dekat dengan Matahari secara relatif, sehingga hanya dapat mengamatinya ketika menjelang matahari terbenam atau sebelum matahari terbit.

Komet ini akan sangat dekat dengan Matahari, bahkan berada di dalam orbit Merkurius, yang membuat nukleusnya berisiko pecah.

Ketika komet menjauh dari Matahari, kecerahannya akan semakin redup. Pada pertengahan Oktober 2023, komet ini akan berada pada jarak lebih jauh dari Matahari sekitar 20 derajat.

Lalu bagaimana fakta menarik dari komet Nishimura ini? simak artikel berikut untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Fakta Menarik Komet Nishimura

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Komet Nishimura:

  1. Hideo Nishimura lah yang menemukan komet ini pertama kali, yaitu pada 11 Agustus 2023, saat ia sedang memotret langit malam dengan kamera digitalnya.
  2. Banyak yang memprediksi bahwa Komet ini akan mencapai puncak kecerahannya pada 12 September 2023 dengan magnitudo 4,5, sehingga orang lain dapat melihatnya hanya dengan mata telanjang.
  3. Komet ini adalah komet periode panjang, yang berarti bahwa ia mengorbit Matahari selama ribuan atau jutaan tahun.
  4. Komet ini berasal dari Sabuk Kuiper, yang merupakan kumpulan benda es dan batu di luar orbit Neptunus.
  5. Komet ini akan mencapai perihelion, atau titik terdekat dengan Matahari, pada 17 September 2023. Pada saat itu, komet ini akan berada pada jarak sekitar 11 juta kilometer dari Matahari.
  6. Setelah mencapai perihelion, Komet ini akan mulai bergerak menjauh dari Matahari dan menjadi semakin redup. Menurut informasi yang beredar Komet ini akan menghilang dari pandangan pada akhir September 2023.