5 Rekomendasi Tempat Sarapan di Bogor, dari yang Legendaris Hingga Tradisional

BOGOR, BERITARADAR.COM – Berikut rekomendasi tempat sarapan di Bogor pada pagi hari yang bisa membuat anda kenyang dan menikmati hidangannya.

Tempat sarapan di Bogor memiliki beragam pilihan menu pagi untuk dikonsumsi, dari makanan tradisional hinggga makanan khas menu Jawa Timuran.

Bahkan ada loh tempat sarapan di Bogor yang sudah berdiri sejak 1900-an.

Berikut Rekomendasi Tempat Sarapan di Bogor yang Populer

1. Doclang Pak Odik

Doclang merupakan makanan tradisional khas Bogor yang semakin langka. Salah satu tempat terkenal untuk mencicipi doclang adalah Doclang Pak Odik. Doclang terdiri dari lontong, kentang, tahu, telur rebus, bumbu kacang, dan kerupuk.

Keistimewaan doclang ini terletak pada proses pembuatan lontong yang menggunakan daun talas untuk membungkus dan dikukus selama 12 jam. Bumbu kacangnya juga unik karena tidak digoreng, melainkan disangrai dan ditumbuk.

Alamat: Jl. Pasir Kuda No. 23, Pasir Jaya, Bogor Barat.

2. Kedai Soto Ibu Rahayu

Kedai Soto Ibu Rahayu adalah tempat yang terkenal dengan soto khas Bogor yang lezat. Menu sotonya beragam, termasuk Soto Oseng dan Soto Rica-Rica yang pedas. Selain itu, mereka juga menyajikan Sop Sayur dan Gudeg.

Alamat: Jl. Pajajaran Indah V, No.38, Bogor Timur.

3. Bubur Ayam Kabita

Bubur Ayam Kabita adalah salah satu tempat legendaris di Bogor yang telah beroperasi sejak tahun 1971. Kuah kaldunya yang gurih dan unik membuat bubur ayam ini berbeda dari bubur ayam biasa.

Alamat: Jl. Raya Gunung Batu No.67, Gunungbatu, Bogor Barat.

4. Ketoprak Japar Pandu Raya

Ketoprak adalah hidangan khas Cirebon yang juga populer di Bogor. Ketoprak Japar Pandu Raya adalah tempat yang menyajikan ketoprak dengan bumbu kacang yang pedas dan kental. Alamat: Jl. KH. Ahmad Adnawijaya (Pandu Raya) No. 94, Tegal Gundil, Bogor Utara.

5. Pecel Madiun Bu Pardi

Jika kamu ingin mencicipi pecel khas Madiun, Pecel Madiun Bu Pardi adalah tempat yang tepat. Pecel Madiun khas Madiun biasanya lebih pedas dan gurih daripada pecel dari daerah lain di Jawa.

Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No. 15J, Sempur, Bogor Tengah.

Jadi, jika kamu merasa lapar di pagi hari saat berlibur di Bogor, jangan khawatir, karena ada banyak pilihan tempat sarapan yang enak dan terjangkau untuk dinikmati sebelum melanjutkan petualangan kulinermu.