4 Rekomendasi dalam Menikmati Kelezatan Kuliner Sunda di Tangerang

TANGERANG, BERITARADAR.COM – Merasakan sensasi Kuliner Sunda di Tangerang yang berada di tengah kota merupakan hal yang dicari apalagi bagi pengunjung yang melintas di daerah Tangerang dan ingin menyantap menu khas Sunda.

Kuliner Sunda di Tangerang terkenal dengan kelezatan hidangan khasnya, terutama yang disajikan dengan sambal dan lalap-lalapan, adalah suku Sunda.

Bagi warga Tangerang yang ingin merasakan cita rasa otentik Kuliner Sunda di Tangerang, artikel ini akan membuat Anda menuju perjalanan kuliner yang tak terlupakan.

Terdapat beberapa restoran dan rumah makan Sunda di Tangerang yang menjadi pilihan sempurna untuk makan siang bersama teman dan keluarga.

Berikut Rekomendasi Kuliner Sunda di Tangerang

1. Rumah Makan Ampera

Rumah makan Sunda ini terletak di Jl. KH Hasyim Ashari No.56, RT.002/RW.008, Buaran Indah, Kota Tangerang, Rumah Makan Ampera adalah destinasi kuliner yang tak asing lagi bagi banyak orang.

Awalnya, tempat ini hanyalah sebuah warung makan biasa di sekitar terminal Kebon Kalapa, Bandung, pada tahun 1963. Dibuka oleh Tatang Sujani dan Hj. Rochaety, tempat ini awalnya menarik para sopir bus dan angkot yang singgah untuk makan siang.

Dengan konsep “geksor,” di mana hidangan disajikan begitu tamu duduk, Rumah Makan Ampera menciptakan suasana yang akrab dan nyaman. Kini, dengan sekitar 80 cabangnya, salah satunya berada di Kota Tangerang, Rumah Makan Ampera melayani hidangan prasmanan dengan bumbu-bumbu khas Parahyangan.

Menu yang beragam mencakup pepes, sayur, ayam, empal, perkedel, sampai peyek. Suasana nyamannya dipadukan dengan hiburan live music, menambah kegembiraan saat bersantap.

2. Rumah Makan Ikan Cinajur

Tempat makan Sunda selanjutnya yakni berlokasi di Jl. Alam Utama Kav. 20 Alam Sutera Serpong, Kota Tangerang, Ikan Bakar Cianjur adalah sebuah warung makan Sunda dengan sekitar 13 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk Tangerang.

Tempat ini terkenal dengan kenyamanannya, ramah anak, dan fasilitas untuk pelanggan yang memerlukan kursi roda. Di Ikan Bakar Cianjur, Anda dapat menikmati berbagai hidangan khas Sunda yang akan memanjakan selera Anda. Tempat ini menerima reservasi pada hari kerja, namun tidak pada akhir pekan.

Menu yang disajikan sangat beragam, mulai dari ikan yang bisa digoreng, dibakar, atau dipepes, sayuran tumis, gulai, soto, sop, nasi goreng, mie, kwetiau, bihun, hingga berbagai minuman segar.

3. Warung Nasi Tutug Oncom

Terletak di Jl. Pamulang Permai I Blok AX No. 20, Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Nasi Tutug Oncom adalah rumah makan Sunda yang menawarkan hidangan khas yang mencirikan masakan Sunda dengan penggunaan oncom dan tutut.

Oncom adalah makanan hasil fermentasi yang terbuat dari berbagai ampas seperti tahu, bungkil kacang tanah, kelapa, dan singkong, dengan berbagai jenis kapang.

Sedangkan tutut adalah sejenis keong yang biasanya ditemukan di sawah, danau, atau parit. Nasi Tutug Oncom adalah campuran nasi putih yang dicampur dengan oncom yang bisa digoreng atau dibakar, dan dihidangkan bersama lauk seperti ayam goreng, oseng-oseng tutut, dan lalapan.

4. Sambel Hejo – Sambel Dadak

Saat Anda melintasi Jl. WR Supratman yang berada di Ciputat, Anda akan menemukan sebuah bangunan dengan dekorasi kayu yang terlihat seperti galeri seni. Namun, jangan salah, itu bukan galeri seni melainkan rumah makan Sunda yang terkenal dengan nama Sambel Hejo Sambel Dadak (SHSD).

Salah satu hidangan unggulannya adalah ayam goreng basah yang gurih dan lembut. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pilihan menu seperti gurame cobek, pepes peda, sop buntut, dan tumis kangkung.

Tempat ini juga dikenal dengan sambal buatannya yang lezat, yang menginspirasi nama Sambel Hejo Sambel Dadak.

Dengan beragam pilihan rumah makan Sunda di Tangerang, Anda bisa menjelajahi kelezatan kuliner khas Sunda tanpa perlu melakukan perjalanan jauh. Selamat menikmati hidangan lezat yang memanjakan lidah Anda!