Rekomendasi Chipset Terbaik di Tahun 2023

CIREBON, BERITARADAR.COM – Berikut kami berikan beberapa rekomendasi chipset terbaik di tahun 2023 ini. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak info selengkapnya dibawah ini!

Seperti yang mungkin Anda ketahui, SoC, juga dikenal sebagai chipset dalam industri seluler, adalah tulang punggung penting dari sebuah ponsel pintar.

Oleh karena itu, wajar jika ketika sebuah ponsel baru dirilis, chipset yang digunakan pada ponsel tersebut akan menjadi hal pertama yang diperhatikan orang. Apakah kamu juga salah satunya?

Sebelum membeli ponsel, biasanya kita fokus pada chipsetnya. Chipset sebuah smartphone bisa dibilang adalah otaknya. Jika otak lemot, akibatnya ponsel akan menderita.

Penentuan chipset terbaik ini didasarkan pada hasil banyak benchmark, seperti AnTuTu, dan hasil pengalaman HP dengan chipset ini.

Tentu saja, ini bukanlah daftar yang lengkap. Namun, ini dapat memberikan indikasi bagaimana satu chipset dibandingkan dengan yang lain.

Berikut Ini Adalah Rekomendasi Chipset Terbaik

1. Snapdragon 8 Gen 2

SoC atau chipset ini merupakan jagoan terbaru Qualcomm dan penerus prosesor Snapdragon 8 Gen 1. Ada berbagai masalah dengan chipset ini.

Dukungan untuk RAM LPDDR5x dan memori internal UFS 4.0, misalnya, serta konektivitas WiFi 7 dan GPU Adreno 740, yang kini mendukung hardware ray tracing dan codec AV1. Dalam hal produksi, 4 nm TSCM masih digunakan.

Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon 8 Gen 2 telah meningkatkan kinerja dan efisiensi konsumsi daya berkat penggunaan mikroarsitektur baru. Secara lebih rinci, CPU 35% lebih cepat dan 40% lebih efisien.

Sementara itu, GPU-nya 25% lebih cepat dan mengonsumsi daya 45% lebih sedikit. Peningkatan ini didapat jika dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 1.

2. Dimensity 9200

MediaTek Dimensity 9200 adalah fabrikasi 4 nm oleh TSMC (Perusahaan Manufaktur Semikonduktor Taiwan).

Dimensity 9200 dari MediaTek memberikan banyak peningkatan. Peningkatan kemampuan komputasi dan pemrosesan grafis adalah salah satunya.

Dimensity 9200, menurut MediaTek, memiliki skor single-core dan multi-core lebih tinggi dibandingkan Dimensity 9000. Dengan penggunaan daya yang lebih efisien, peningkatannya sebesar 10% (single-core) dan 12% (multi-core). 25%.

Kemampuan pemrosesan grafis meningkat sebesar 32% dibandingkan Dimensity 9000 sekaligus mengonsumsi listrik dalam jumlah yang sama.

Sumber utama peningkatan kemampuan Dimensity 9200 adalah komponen-komponen barunya.

3. Apple A16 Bionic

Prosesor Apple A15 Bionic, yang mendukung seri iPhone 13, tidak ada bandingannya. Chipset ini lahir pada tahun 2021.

Bahkan pada tahun 2022, beberapa chipset kelas atas yang menjadi penggerak perangkat Android belum mampu mengungguli CPU tersebut.

Apple A16 Bionic adalah “pembunuh” Apple A15 Bionic, menurut Apple. Chip ini disebut-sebut mampu mengolah data lebih cepat.

Peningkatan juga terlihat pada unit pengolah grafis (GPU). Agar tidak ketinggalan, Apple telah menyertakan teknologi AI terbaru di Apple A16 Bionic untuk meningkatkan kualitas foto.

Secara spesifikasi teknis, Apple A16 Bionic tetap mempertahankan enam inti CPU seri sebelumnya.

Keenam inti tersebut dibagi menjadi dua inti kinerja yang disebut “Everest” yang berjalan pada 3,46 GHz dan enam inti efisiensi yang disebut “Sawtooth” yang berjalan pada 2,02 GHz.

Apple A16 Bionic diproduksi menggunakan teknologi TSMC 4nm. Hasilnya, Apple A16 Bionic mendominasi berbagai tes performa. Sebenarnya, ini bukanlah hal yang luar biasa.

Sebagai perbandingan, Apple A15 Bionic diproduksi menggunakan proses 5 nm. Apple juga menyebutkan chip ini memiliki kurang lebih 16 juta transistor.

Dari segi performa, Apple A16 Bionic membuat HP iPhone semakin kencang. iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max sama-sama menggunakan prosesor ini. Kedua ponsel dirilis bersamaan dengan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus.

Itulah 3 rekomendasi chipset terbaik di tahun 2023 ini. Saat ingin membeli sebuah ponsel, cari tahu terlebih dahulu mengenai latar belakangnya. Agar hasilnya tak mengecewakan.(*)