Mirip Gunung Luhur Banten, Negeri Atas Awan Gunung Kendil Bisa Lihat Puncak Gunung Merbabu Gunung Sindoro

TEMANGGUNG-Objek wisata yang menawarkan keindahan alam dari ketinggian sedang diganderungi wisatawan. Belum lama ini, keindahan Gunung Luhur di Banten sedang viral di kalangan wisatawan. Berada di puncak Gunung Luhur, traveler bisa menikmati keindahan pemandangan awan.

Bahkan, banyak yang mengatakan mirip dengan negeri di atas awan. Traveler dikelilingi kabut awan dan bisa berswafoto dengan pantulan sunrise yang tersembunyi di balik awan.

Tidak hanya ada di Gunung Luhur. Beberapa tempat di Indonesia juga banyak menawarkan keindahan negeri di atas awan. Salah satunya, di Gunung Kendil, Temanggung. Jika mendapatkan momen tepat, Anda dapat melihat hamparan awan mengelilingi puncak Gunung Kendil. Bahkan, Anda seperti berada di tengah samudera awan. Menariknya, dari atas Gunung Kendil, Anda bisa melihat puncak Merbabu dan Gunung Sindoro yang eksotis.

“Semangat pagi, dolan ke mana hari ini? Gunung Kendil, Sibajag, Temanggung. Tukang moto @arifauzi16. Foto dolan dari @tyoeko10,” tulis Instagram @ayodolan, dikutip Kamis (26/9/2019).

Gunung Kendil merupakan salah satu wisata alam yang terletak di Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah. Letaknya berada di perbatasan Wonosobo dan Temanggung. Tepatnya di Desa Ngadirejo. Patokan ke sini yaitu pertigaan tugu Pasar Ngadirejo ambil arah kiri naik, kurang lebih 20 menit sampai lokasi menggunakan kendaraan. Gunung Kendil ini berada di samping Gunung Sindoro dan berdekatan dengan Gunung Buthak.

Selama perjalanan Anda bisa menikmati udara dingin pegunungan, menembus kabut yang tebal, dan segala keindahan yang ada. Mulai dari tanaman sayuran, bawang, sawah, kebun teh dan lain-lain akan memanjakan Anda menuju Gunung Kendil. Banyak spot foto menuju gunung ini. Jalan menuju lokasi pun sangat indah.

Menuju gunung ini ada beberapa trek, di sebelah utara dan selatan. Kalau di sebelah utara melewati hutan, sedangkan kalau lewat jalur selatan tidak melewati hutan dan tidak ada pohon. Treknya juga menanjak. Jika melalui sebelah utara, akan banyak landainya. Disarankan untuk menggunakan trek yang sebelah utara. Naiknya tidak curam dan banyak pepohonan.

Setelah berada di atas puncak, Anda akan dibuat kagum dengan keindahannya. Apalagi sambil menunggu sunrise. Puncak Kendil menjadi spot terpopuler bagi pendaki.

Dari puncak Gunung Kendil ini tampak jelas pemandangan Gunung Sindoro. Untuk Gunung Sumbing tidak terlihat karena tertutup oleh Gunung Sindoro. Selain Gunung Sindoro, Anda dapat menikmati keindahan Gunung Slamet, Merbabu, Merapi, dan Andong. (*)

Tinggalkan Balasan