Kuliner Malam Solo Ini Wajib Kamu Coba saat Berkunjung Ke Solo dan Lapar Tengah Malam

SOLO, BERITARADAR.COM– Kota Solo masih ramai dikunjungi pengunjung dan warga sekitar dan wisatawan yangs edang berlibur.

Mereka tidak hanya menikmati malam saja namun melakukan berburu kuliner untuk mencari keajaiban kuliner malam hari di Solo. Oleh karena itu, penjual makanan menjadi hal yang lumrah, terutama pada malam hari.

Banyaknya kenikmatan kuliner malam hari yang ditawarkan Solo biasanya banyak dicari karena rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau.

Berikut 7 Rekomendasi Kuliner Malam solo

  1. Gudeg solo

Gudeg Solo terkenal dengan kuah santannya yang gurih dan suwiran ayamnya yang lezat.

Gudeg sendiri terkadang disebut dengan gudeg ceker saja karena biasanya disajikan dengan ceker ayam.

Gudeg Solo disajikan dengan sedikit kuah, berbeda dengan Gudeg adat Yogyakarta.

Warnanya tidak merah dan tampilannya cenderung pucat.

  1. Tengkleng

Makanan klasik khas Solo yang disebut tengkleng berisi tulang kambing. Saus encer yang lezat digunakan untuk menyiapkan kelezatan ini.

Tengkleng konon dibuat oleh koki pribumi dengan menggunakan sisa daging kambing. Dahulu daging kambing diperuntukkan bagi para bangsawan dan Belanda agar masyarakat dapat mengolah sisa tulang kambing seperti kaki, kepala, dan tulang lainnya menjadi makanan yang lebih layak untuk dikonsumsi manusia.

Sebelum dimasak, tulangnya dipotong kecil-kecil. Hidangan ini telah menjadi kuliner klasik di semua lapisan masyarakat.

  1. Nasi Liwet Bu sarmi

Sangat mudah untuk menemukan suguhan kuliner terkenal di Solo. Saat ini, sebagian besar kedai makanan yang menjual makanan tradisional masih beroperasi. Tentu saja hal ini tidak bisa dilepaskan dari cita rasa makanan yang selalu konstan dan enak di lidah konsumen.

Misalnya Nasi Liwet dari Bu Sarmi. Hidangan klasik khas Solo bernama nasi liwet terdiri dari nasi gurih dan sejumlah lauk tambahan. Opor ayam adalah lauk yang ideal untuk resep ini. Sayuran seperti labu siam dan areh menjadi pelengkap tambahan.

Hingga tengah malam, Anda bisa menikmati nasi liwet di warung tenda Bu Sarmi yang mana  mulai buka pukul enam sore hari.

  1. Harjo Bestik

Harjo Bestik adalah tempat makan malam berikutnya yang terkenal di Solo. Bestik mungkin masih asing bagi sebagian orang, terutama yang berasal dari luar Solo.

Ini adalah masakan tradisional Solo yang dimasak dengan daging sapi atau ayam dan bumbu ala Belanda. Awalnya rasanya seperti steak.

Namun karena bestik menggunakan kuah yang lebih encer, maka penyajiannya pun berbeda. Biasanya bestik disajikan dengan selada, kentang, dan wortel. Anda punya waktu hingga tengah malam untuk mengunjungi lokasi ini. Harga makan mulai dari Rp 21.000 per porsi.

  1. Tresna Jayengan

Bagi Anda penyuka pedas, ada tempat kuliner malam legendaris di Solo yang bisa memuaskan selera Anda. Nama tempat makan ini adalah Tresna Jayengan.

Tempatnya sendiri nyaman dan cocok untuk nongkrong sampai tengah malam. Anda tidak perlu khawatir lapar setelah makan karena Anda bisa langsung mengisi perut dengan menu andalan di sini yaitu Mie Nyemek.

Bentuknya memang seperti mie instan, namun ada bumbu rahasia yang membuatnya terasa lebih nikmat. Anda juga bisa memilih tingkat kepedasan sesuai selera.

  1. Susu Segar Shi jack Kadipolo

Minum susu di malam hari pastinya nikmat sekali. Jangan lupa untuk mencicipi Susu Segar Shi Jack Kadipolo saat berlibur ke Solo.

Tahukah Anda, kuliner malam tersohor di Solo ini ternyata sudah ada sejak tahun 1982! Tidak ada alasan untuk mempertanyakan rasanya meski lokasinya di pinggir jalan.

Anda dapat membeli susu segar murni di sini. Ada banyak variasi dengan nama khas yang tersedia. Tante Susy atau Susu Sirup Tanpa Telur misalnya. Susu Suteja atau Telur Jahe dan Susu Susu Superboy atau Boyolali adalah pilihan lainnya.

Anda juga bisa memesan makanan seperti roti panggang selain susu untuk mengisi perut. Dari sore hingga dini hari, Toko Susu Segar Shi Jack Kadipolo buka.

  1. Timlo Maestro

Rasa timlo yang disajikan benar-benar menggugah lidah, sesuai ekspektasi.

Bagi yang belum tahu, timlo adalah masakan yang bentuknya menyerupai sup dan terbuat dari telur, sosis, dan rempelo hati. Sosis Solo lebih mirip lumpia dengan daging ayam yang bagian dalamnya sudah dipotong kasar.

Saus segar di Timlo Maestro inilah yang membuatnya begitu populer. Satu porsi timlo yang diolah dengan cara ini bisa menyebabkan kecanduan.

Jangan lewatkan perjalanan ke Solo lainnya jika tertarik mencoba makanannya.

Demikian 7 Rekomendasi Kuliner malam solo yang wajib kamu coba. (*)