Donald Trump Tekan Iran, Program Hadiah $15 Juta untuk Informasi tentang Garda Revolusi Iran

AMERIKA Serikat (AS) akan membayar orang hingga $15 juta untuk informasi yang mengganggu keuangan pasukan militer elit Iran, pemerintahan Trump mengumumkan pada Rabu (4/9).

Sebagaimana dikutip dari artikel U.S. unveils unusual $15 million reward program targeting Iranian military group program hadiah ini—yang tidak biasa karena menargetkan entitas negara asing—adalah langkah terbaru yang diambil AS di bawah Presiden Donald Trump untuk menekan rezim Islam Iran. Tetapi itu kemungkinan akan lebih merusak upaya negara-negara Eropa dan Trump sendiri untuk menemukan pembukaan diplomatik dengan Teheran.

Brian Hook, utusan khusus AS untuk Iran, meluncurkan program hadiah ini di Departemen Luar Negeri AS. Pengumuman itu muncul seiring Teheran telah berjanji untuk mengambil lebih banyak langkah minggu ini untuk mengurangi komitmennya terhadap kesepakatan nuklir Iran, yang goyah setelah AS menarik diri dari kesepakatan tersebut tahun lalu.

Tujuan program hadiah ini adalah untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang mekanisme keuangan Korps Garda Revolusi Iran (IRGC), yang Trump tunjuk sebagai kelompok teroris.

Hook bersikeras bahwa meskipun menyoroti langkah hukuman seperti itu, namun Trump masih ingin menegosiasikan solusi diplomatik untuk kebuntuan dengan Teheran. Trump “sangat percaya pada diplomasi bilateral,” kata Hook.

Ada spekulasi luas bahwa Trump akan mencoba untuk mengadakan pertemuan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani selama Majelis Umum PBB akhir bulan ini. Namun para pejabat Iran telah menolak tawaran semacam itu dari Trump sebelumnya.

“Apa pun mungkin,” kata Trump kepada para wartawan pada Rabu (4/9).

Contoh dari apa yang mungkin mengarah pada hadiah AS di bawah program ini termasuk informasi tentang keterlibatan IRGC dalam penjualan minyak, atau rincian tentang perusahaan yang beroperasi atas nama IRGC.

Secara terpisah pada Rabu (4/9), Departemen Keuangan AS meluncurkan sanksi ekonomi baru terhadap Iran. Sanksi tersebut menargetkan jaringan pengiriman minyak bumi Iran yang diarahkan oleh Pasukan Quds—sebuah unit khusus IRGC.

Awal pekan ini, AS juga menjatuhkan sanksi pada program antariksa Iran, dengan mengatakan bahwa upaya tersebut hanya memajukan aktivitas rudal balistik Iran.

“Akan ada lebih banyak sanksi yang akan datang,” kata Hook pada Rabu (4/9).

Para pejabat Iran, sementara itu, telah mengatakan bahwa mereka akan lebih jauh mengurangi komitmen mereka pada Kesepakatan Nuklir Iran tahun 2015 pada akhir minggu ini, meskipun ada upaya oleh para pemimpin Eropa untuk menjaga kesepakatan itu tetap utuh. Di bawah kesepakatan itu, Iran mengurangi program nuklirnya dengan imbalan keringanan sanksi.

Setelah menarik diri dari kesepakatan nuklir tersebut, Trump menerapkan kembali sanksi-sanksi terhadap Iran, dan kemudian menjatuhkan banyak sanksi tambahan, yang sangat merugikan ekonomi Iran.

Sebagai pembalasan, para pejabat Iran telah mengambil beberapa langkah untuk mundur dari kesepakatan nuklir tahun 2015 dan tampaknya akan menarik diri dari kesepakatan itu seutuhnya.

Para pejabat Prancis minggu ini telah berbicara dengan para pejabat Iran dan AS tentang mencari cara untuk memberikan Iran sejumlah kredit bernilai miliaran dolar, untuk membujuk Teheran untuk sepenuhnya mematuhi kesepakatan nuklir dan membuka jalan bagi diplomasi lebih lanjut.

Tetapi jalur kredit itu akan membutuhkan pelonggaran sanksi AS. Dan Hook terdengar menolak ide itu secara umum, mengatakan bahwa AS tidak memiliki rencana untuk menghentikan “kampanye tekanan maksimum” terhadap Iran.

“Tidak ada proposal konkret yang telah dihasilkan,” tambahnya tentang ide jalur kredit. “Kita harus melihat perubahan dalam perilaku Iran, yang masih belum kita lihat.” (*)

Tinggalkan Balasan