5 Ikan yang Bisa Dikonsumsi Ibu Hamil, No 4 Mudah Didapat!

CIREBON, BERITARADAR.COM – Artikel berikut akan membahas mengenai Ikan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, jadi jika kalian sedang di masa kehamilan maka artikel berikut berguna untuk kalian.

Ikan adalah sumber makanan yang kaya akan protein dan lemak sehat. Makanan ini sangat baik dikonsumsi selama kehamilan.

Selain memberikan banyak manfaat bagi ibu, ikan juga mengandung berbagai nutrisi yang dapat merangsang perkembangan otak bayi.

Seperti yang kita ketahui, makanan laut, termasuk ikan dan kerang, merupakan sumber protein, zat besi, dan seng yang sangat baik. Nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi sejak dalam kandungan.

Namun, beberapa jenis ikan mengandung kadar merkuri yang tinggi. Merkuri adalah salah satu jenis logam berat yang bersifat beracun.

Jika dikonsumsi dalam jumlah besar, merkuri dapat membahayakan perkembangan sistem saraf janin selama kehamilan.

Food and Drug Administration (FDA) serta Environmental Protection Agency (EPA) merekomendasikan bahwa ibu yang sedang hamil sebaiknya mengonsumsi minimal 340 gram variasi makanan laut yang memiliki kadar merkuri rendah dalam seminggu.

Ikan yang Bisa Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

1. Ikan Salmon

Salmon dikenal memiliki kandungan omega-3 dan DHA yang tinggi, serta memiliki kadar merkuri yang rendah. Menurut sumber dari Very Well Family, ikan salmon sangat baik untuk dikonsumsi selama kehamilan jika dimasak dengan matang.

2. Ikan Nila

Kandungan lemak yang rendah dalam ikan nila menjadikannya sebagai pilihan aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena tidak akan meningkatkan kadar kolesterol.

Ikan nila juga kaya akan fosfor, protein, niasin, selenium, vitamin B12, dan kalium. Fosfor, khususnya, memiliki manfaat penting dalam pembentukan tulang dan gigi janin.

3. Ikan Sarden

Kami juga menyarankan jika kalian sedang dalam masa kehamilan lebih baik mengkonsumsi Ikan sarden, karena Ikan sarden memiliki kadar merkuri yang sangat rendah dan kandungan protein yang tinggi, sehingga aman untuk mengkonsumsinya saat sedang masa kehamilan.

Namun, kami sarankan agar ibu hamil lebih baik mengonsumsi ikan sarden segar daripada yang dalam kaleng.

4. Ikan Patin

Selain mudah menemukan ikan Patin di pasar, ikan patin adalah salah satu jenis makanan laut yang paling banyak menyarankan untuk mengkonsumsinya selama kehamilan.

Ikan patin mengandung berbagai nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan otak bayi. Salah satunya adalah omega-3, yang dapat merangsang fungsi otak dan sumsum tulang belakang, serta protein yang memberikan energi bagi ibu hamil.

5. Ikan Lele

Lele memiliki banyak protein, vitamin B12, fosfor, kalium, dan vitamin D dalam kandungannya. Selain itu, ikan lele juga mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi. Dalam setiap 100 gram ikan lele, terdapat 29,9 gram asam lemak omega-3.

Ikan lele juga memiliki kadar merkuri yang rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Anda dapat mengonsumsinya sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu.