Tanaman Hias yang Membersihkan Polusi Udara dan Sebagai Air Purifier Alami

CIREBON, BERITARADAR.COM – Tanaman hias ini menjadi air purifier alami atau sama dengan pembersh udara alami.  Banyak organisasi yang aktif fokus pada pencemaran udara yang terjadi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Kesehatan tubuh manusia sangat dipengaruhi oleh polusi udara. Banyak penduduk setempat yang bereksperimen dengan berbagai metode untuk mencegah gas yang disebabkan oleh paparan polusi udara yang parah.

Masyarakat dapat melakukan berbagai tindakan untuk memitigasi risiko buruknya kualitas udara. Di dalam rumah, salah satunya adalah dengan menggunakan alat pembersih udara. Sayangnya, tidak semua orang memiliki alat pembersih udara, karna harganya yang lumayan mahal.

Oleh karena itu, banyak orang memilih mencari solusi alternatif, seperti menanam tanaman hias yang dapat menjernihkan udara.

Telah dibuktikan bahwa beberapa tanaman dapat menghilangkan polutan dari udara, menjadikannya berguna di sekitar rumah dan di dalam ruangan.

Berikut Ini Adalah Tanaman Hias yang Dapat Membersihkan Udara

1. Peace Lily

Peace lily, juga dikenal dengan nama Latinnya spathiphyllum, adalah tanaman yang kuat dengan bunga yang indah. Selain menarik dan kokoh, tanaman hias ini juga merupakan salah satu pembersih udara terbaik yang ada.

Sebagai penyaring racun, ini dapat menurunkan konsentrasi sebagian besar kontaminan yang ditemukan di rumah kita.

Selain itu, tanaman hias ini mempunyai kemampuan menyerap spora jamur yang biasanya timbul dari debu bagian dalam.

Dengan menggunakannya sebagai makanan, bunga lili perdamaian dapat menurunkan jumlah spora jamur di udara.

Karena kemampuannya mencegah jamur, Peace Lily juga dapat berguna di tempat dengan kelembapan berlebihan, seperti kamar mandi.

2. Palem Bambu

Ada pohon bambu yang tumbuh dimana-mana. Tanaman menarik ini termasuk dalam famili arecaceae atau dikenal juga dengan nama pinang.

Pohon bambu termasuk tumbuhan yang menyukai sinar matahari yang kuat. Namun pohon bambu dapat disimpan baik di dalam maupun di luar.

Tanaman yang lebih membutuhkan perawatan adalah pohon bambu. Pohon bambu membutuhkan penyiraman yang teratur, ringan, dan pemupukan bulanan.

Boleh saja meletakkan pohon bambu di mana saja di dalam rumah karena aman bagi hewan. Polutan antara lain benzena, karbon monoksida, xilena, formaldehida, dan lain-lain dapat dihilangkan dengan tanaman ini.

3. Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua tumbuh lurus dan memiliki tinggi maksimal 50 cm. Tumbuhan ini dapat menyerap karbondioksida pada siang hari dan mengeluarkan oksigen pada malam hari, seperti halnya lidah buaya.

Karena mempromosikan aliran udara yang sehat, lidah ibu mertua adalah tanaman yang sempurna untuk dekorasi kamar tidur.

Bahan kimia karsinogenik lainnya seperti CO2, benzena, formaldehida, xilena, trikloretilen, dan toluena juga ikut terserap oleh lidah mertua.

Tanaman yang menarik ini termasuk yang tumbuh subur baik di dalam maupun di luar rumah saat fajar dalam berbagai kondisi pencahayaan.

4. Lidah Buaya

Salah satu tanaman yang dipelajari NASA dalam uji udara bersih adalah lidah buaya. Tanaman ini memiliki banyak kegunaan baik untuk kesehatan maupun kecantikan kulit, selain itu juga dapat menjernihkan udara dengan mengeluarkan racun.

Lidah buaya memiliki kapasitas untuk menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen ke atmosfer. Tanaman hias ini juga dianggap dapat membuat tidur lebih nyenyak jika ditempatkan di dalam ruangan.

Sukulen yang tumbuh pada lidah buaya memiliki kemampuan menyerap formaldehida dan benzena selain karbon dioksida.

5. Tanaman Lvy

Daun dengan luas permukaan yang besar pada tanaman ini merupakan cara yang efisien dalam menurunkan formaldehida dan polutan berbahaya lainnya.

Meskipun sering ditanam di luar ruangan, sifat pemurniannya dapat dimanfaatkan secara efektif dengan menanamnya di dalam wadah di dalam ruangan.

Itulah beberapa tanaman hias yang dapat membersihkan udara secara alami. Tanaman ini cocok di tempatkan dalam ruangan, selain memberikan kesan segar, namun juga dapat menjadi hiasan.(*)