Rekomendasi Buku yang Bisa Mengubah Cara Pandang Terhadap Dunia

CIREBON, BERITARADAR.COM – Artikel ini akan memberikan rekomendasi buku yang bisa mengubah cara pandang terhadap dunia yang kita kenal ini.

Realitas yang kita ketahui saat ini tidak dapat dipisahkan dari gagasan-gasan brilian pemikiran terdahulu.

Gagasan-gasan besar ini dituangkan dalam buku, dan tidak jarang konsep-konsep ini mempengaruhi cara pandang masyarakat terhadap dunia.

Ada banyak novel yang membentuk dunia kita menjadi seperti sekarang ini. Judul buku-buku tersebut bermacam-macam, beberapa di antaranya ditulis dalam versi bahasa Indonesia, terutama yang karyanya telah terlebih dahulu diterjemahkan ke dalam bahasa aslinya.

Namun ada pula yang tidak ditulis dalam bahasa Indonesia karena judul dalam bahasa aslinya dianggap terlalu populer atau sudah khasnya.

Berikut ini Rekomendasi Buku yang Bisa Mengubah Cara Pandang Terhadap Dunia

1. I1 Principe – Niccolo Machiavelli

Il Principe merupakan karya Machiavelli yang paling terkenal karena substansinya yang dianggap melegitimasi penipuan, kelicikan, kepalsuan, dan kekejaman dalam mengejar kekuasaan.

“Membunuh rekan seperjuangan, mengkhianati rekan sendiri, tidak beriman, tidak punya belas kasihan, dan tidak beragama: semua itu tidak bisa digolongkan sebagai tindakan moral, tapi bisa memberi kekuatan,” tulis Niccolo Machiavelli.

Hampir setiap pemimpin dunia pernah membaca Il Principe. Napoleon, menurutnya, biasa tidur dengan buku itu di bawah bantalnya.

Hal ini berlaku bahkan pada Hitler, Mussolini, Lenin, dan Stalin. Buku ini juga dijuluki “The Handbook of Dictators” oleh Michael H. Hart.

2. The Origin Of Species – Charles Darwin

Buku ini merupakan dokumentasi lengkap hasil penelitian panjang Charles Darwin tentang asal usul makhluk hidup.

Dalam teorinya, Darwin mengungkapkan bahwa perkembangan spesies didasarkan pada terjadinya seleksi alam.

The Origin of Species memuat pernyataan Darwin bahwa spesies tidak diciptakan sekaligus oleh tangan Tuhan, namun dimulai dari beberapa bentuk sederhana yang kemudian bermutasi untuk beradaptasi seiring berjalannya waktu.

Teori Darwin tentang evolusi makhluk hidup dianggap kontroversial bahkan hingga saat ini. Perdebatan mengenai teori Darwin menjadikan karyanya sebagai buku paling berpengaruh dalam ilmu pengetahuan alam yang pernah ditulis manusia.

“Semakin baru suatu wujud, maka akan semakin tinggi derajatnya dibandingkan dengan wujud yang lebih kuno, karena setiap wujud baru tercipta dengan kelebihan tertentu dibandingkan wujud sebelumnya melalui perjuangan untuk bertahan hidup,” begitulah beberapa kutipan dalam buku ini.

3. The Wealth Of Nations – Adam Smith

“Manusia adalah hewan yang melakukan tawar menawar. Tidak ada hewan lain yang melakukan hal ini—tidak ada anjing yang menukar tulangnya dengan anjing lain,” tulis Adam Smith dalam buku ini.

The Wealth of Nations panjangnya hampir 1000 halaman, menjadikannya dalam kategori buku berukuran besar.

Banyak pembaca yang bingung dengan terminologi kuno dan contoh-contoh dari abad ke-18 dalam buku tersebut.

Namun, The Wealth of Nations adalah salah satu buku paling penting di dunia. Buku ini merupakan karya ilmu ekonomi yang setara dengan karya Isaac Newton di bidang fisika dan karya Charles Darwin di bidang biologi.

Itulah beberapa rekomendasi buku yang bisa mengubah cara pandang terhadap dunia. Gagasan-gasan besar ini dituangkan ke dalam buku, dan tidak jarang gagasan-gagasan ini mempengaruhi cara pandang orang kepada dunia.(*)