Pakai Air Rebusan ini Bisa Rontokan Kolesterol, Ampuh Banget!

CIREBON, BERITARADAR – Kolesterol merupakan senyawa berbentuk zat lilin yang hadir dalam aliran darah.

Organisme Anda membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel sehat, namun ketika kadar kolesterol terlalu tinggi, risiko terhadap penyakit jantung bisa meningkat.

Berdasarkan laporan dari Mayo Clinic, kadar kolesterol yang tinggi dapat menjadi masalah serius karena bisa mengakibatkan penumpukan lemak dalam pembuluh darah. Secara bertahap, penumpukan ini dapat menghambat aliran darah melalui arteri.

Terkadang, penumpukan tersebut bahkan bisa pecah tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang mengakibatkan serangan jantung atau stroke.

Dalam rangka menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, sejumlah ramuan yang berasal dari rebusan daun telah terbukti efektif.

Menurut informasi dari NHS, kondisi kolesterol tinggi umumnya terjadi ketika jumlah lemak kolesterol dalam darah meningkat secara berlebihan.

Penyebab Kolesterol

Penyebabnya bisa termasuk kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak, kurangnya aktivitas fisik, kelebihan berat badan, serta kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Gejala dari kolesterol tinggi sendiri umumnya tidak terlihat dengan jelas. Cara satu-satunya untuk mengetahui apakah kadar kolesterol dalam tubuh Anda masih dalam batas normal adalah dengan melakukan tes darah.

Jika hasil tes darah menunjukkan bahwa Anda mengalami kolesterol tinggi, terdapat beberapa jenis rebusan daun yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tersebut.

Rebusan air yang terbuat dari beberapa jenis daun tanaman telah terbukti memiliki efek menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh.

Rebusan Air dari Daun yang Dapat Turunkan Kolesterol

Biasanya orang menjadikan daun-daun ini menjadi rebusan air dan diminum oleh mereka yang mengalami masalah kolesterol tinggi. Beberapa jenis daun yang dimaksud meliputi:

1. Daun kari: Menurut salah satu bacaan di American Journal of Chinese Medicine menunjukkan bahwa ekstrak daun kari memiliki potensi untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

Namun, penelitian ini dilakukan pada tikus yang menderita diabetes.

Peneliti memberikan tikus suntikan ekstrak daun kari setiap hari selama 10 hari, dan hasilnya menunjukkan penurunan signifikan dalam kadar kolesterol dan gula darah.

Meskipun demikian, perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaatnya pada manusia.

2. Daun sirsak: Penelitian berjudul “Potensi Ekstrak Air Daun Sirsak Sebagai Penurun Kolesterol dan Pengendali Bobot Badan 2016” menunjukkan bahwa ekstrak air daun sirsak dapat berhubungan dengan penurunan kadar kolesterol dalam tubuh.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak air daun sirsak memiliki efek yang mirip dengan simvastatin dalam mengendalikan berat badan dan kolesterol darah.

3. Daun kelor: Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi daun kelor secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Daun kelor kaya akan zat-zat yang baik untuk kesehatan, seperti berbagai vitamin dan mineral.

4. Daun serai: Studi dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research menunjukkan bahwa ekstrak serai bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Namun, penelitian ini masih berbasis pada penelitian hewan, dan perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dampaknya pada manusia.

5. Daun salam: Penelitian dari Pusat Informasi Bioteknologi Nasional Amerika (NCBI) menunjukkan bahwa daun salam dapat mengurangi glukosa serum, kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida dalam darah.